Senin, 18 November 2019

Bencana di Manado, GSVL-MOR Turun Langsung

Bencana Banjir dan Longsor Manado, GSVL-MOR Turun Langsung Hingga Kerahkan ASN/THL Bersihkan Kota

LUAR biasa komitmen Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan terhadap warga korban banjir di Manado. Pasalnya, kedua top eksekutif ini sejak terjadi bencana banjir dan tanah longsor hingga pemulihan Kota Manado, terus berada dengan warga.

manado

Tidak heran, keberadaan keduanya di lapangan bersama warga korban banjir dan tanah longsor membantah opini hingga berita hoax yang sengaja digiring oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Bersama Korban Banjir dan Tanah Longsor, Walikota Pesan Doakan Keselamatan Kota Manado

KONDISI kota Manado yang diguyur hujan deras sejak Kamis malam sampai, Jumat (1/2/2019) sore, mengakibatkan terjadinya banjir disertai tanah longsor dibeberapa titik.

manado

Menyikapi hal ini, Walikota Manado DR. Vicky Lumentut, dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, SE, terjun ke lokasi yang mengalami banjir dan tanah longsor, di daerah Tuminting, Banjer, Taas, Tikala, Sario, dan sekitarnya untuk memantau langsung kondisi ketinggian air dan situasi pasca terjadi banjir dan tanah longsor.

Walikota Vicky Lumentut, yang meninjau daerah Tuminting langsung membantu mengevakuasi warga lanjut usia yang mengungsi dengan menggunakan mobil patroli 901.

manado

Walikota GS Vicky lumentut bersama Walpri dan Patwal berkesepatan berdoa di gereja

Sedangkan di tempat berbeda, Wakil Walikota Mor Bastiaan memberikan bantuan ambulans serta melihat evakuasi korban longsor di daerah Taas.

Walikota Manado mengimbau warga yang bermukim di wilayah bencana agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai dan daerah rawan longsor dan banjir, harap segera mengungsi ke lokasi yang lebih aman, sambil menitip pesan, mari kita semua berdoa untuk keselamatan seluruh masyarakat kota Manado” ujar Walikota Vicky Lumentut.

Pemkot Manado Langsung Buka Posko Kesehatan

manado

Walikota GSVL dan Wawali Mor saat turun ke lokasi terdampak banjir

Pemkot Manado membuka Posko Kesehatan dan bantuan penanggulangan bencana bagi masyarakat, yaitu Puskesmas Wenang, Posko di samping Rumah kopi Klabat, Puskesmas Paniki Bawah di Kantor Lurah Kairagi I, Puskesmas Tikala Baru di Dinas Tenaga Kerja, Puskesmas Bengkol di perumahan Bhayangkara Buha, dan Puskesmas Ranomuut di Gereja Bethel Eden Paal 2.

“Bagi masyarakat korban banjir dan tanah longsor yang membutuhkan obat-obatan, Posko Kesehatan menyiapkan yang diperlukan” jelas Walikota Manado.(***)

 

Melayat ke Rumah Duka, Walikota GSVL Kuatkan Keluarga Korban Banjir dan Tanah Longsor

PASCA banjir dan tanah longsor yang melanda kota Manado, Walikota DR. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA, mengunjungi para korban yang berada di Kombos Timur, Tuminting, dan Taas, Jumat (01/02/2019).

manado

Setelah dari pagi sampai sore hari turun langsung melihat kondisi dibeberapa titik yang terkena dampak bencana, Walikota segera melayat ke rumah duka para korban banjir dan tanah longsor sembari menguatkan keluarga yang ditinggalkan.

Untuk rumah duka pertama Walikota Vicky Lumentut mengunjungi korban Richard Ridik Panabone, (5) keluarga Panabone Nilahi warga kelurahan Kombos Timur, Lingkungan III, Kecamatan Singkil yang meninggal karena terseret air deras. Didepan keluarga korban, Walikota menyatakan turut berdukacita sedalam-dalamnya.

bencana

Berlanjut ke rumah duka korban tanah longsor Natalia Lapian (1) warga Kelurahan Mahawu, Kecamatan Tuminting yang ditemukan meninggal pada ayunan tempat tidur di dalam rumah. Walikota Vicky Lumentut berharap keluarga dimampukan dan meminta kepada keluarga bersabar dan tabah atas musibah yang dialami anak mereka.

Selanjutnya Walikota Vicky Lumentut menyempatkan mengunjungi korban atas nama Jon Tinofer Duarmas (45), keluarga Duarmas Parengkuan, warga Kelurahan Taas Kecamatan Tikala, yang ditemukan tak bernyawa setelah tertimbun tanah longsor di dapur rumahnya. “Tuhan memberikan kekuatan dan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan,” harap Walikota Vicky Lumentut.(***)

 

Pimpin Apel Perdana Bulan Februari 2019, Walikota GSVL Kerahkan Ribuan ASN

ADA pemandangan berbeda pada Apel Perdana kali ini. Ribuan ASN yang biasa berpakaian PDH Kheki, hari ini memakai pakaian bebas, sesuai instruksi Walikota Manado untuk turun membantu warga korban banjir dan tanah longsor yang terjadi di kota Manado.

manado

Kegiatan Apel Perdana Bulan Februari 2019 diikuti oleh ribuan ASN tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Manado DR. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA, bertempat di Gedung Serbaguna, Senin (04/02/2019).

manado

“Terima kasih buat seluruh ASN yang sudah memakai pakaian bebas, terima kasih turut membantu dalam kebersamaan kita Pemerintah Kota Manado. Kita semua berempati dan ikut prihatin dengan warga korban banjir dan tanah longsor, bencana yang terjadi Jumat lalu (1/2/2019) yang sudah memakan korban 4 orang meninggal dunia,” kata Walikota Manado dalam sambutannya.

GSVL Instruksi ASN Bantu Bersih-bersih Lokasi Terdampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor

manado

“Hari ini saya mengajak kita sebagai Aparatur membantu membersihkan lokasi-lokasi terdampak bencana, merasa sepenanggungan dengan korban banjir dan tanah longsor, mari bantu dengan serius, ikhlas dan tulus, jangan cuma bantu di Facebook,”  ujar Walikota.

Lebih lanjut, Walikota Vicky Lumentut mengingatkan para Camat, Lurah, dan Kepala Lingkungan ikut bertanggungjawab mencari data warga terdampak tanah longsor dan banjir, mengklasifikasikan yang rusak berat, sedang, ringan atau yang rumahnya hanyut.

“Jangan main-main dengan pendataan, semuanya harus dicatat dan dilaporkan dengan jelas,” tutup Walikota.


Walikota Blusukan Kunjungi Rumah Warga Terkena Banjir

manado

PEMERINTAH kota Manado melalui Dinas Sosial menyiapkan beberapa dapur umum bagi warga korban banjir, salah satunya yang dikunjungi Walikota Manado DR. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA berlokasi di kantor Lurah Mahawu Kecamatan Tuminting (05/02/2019).

 

Walikota GSVL Bantu Prof Paula Siapkan Nasi Bungkus

POSKO dapur umum tersebut menyediakan nasi bungkus dan minuman yang dibagikan pagi, siang dan malam hari kepada warga korban banjir, khusus yang ada di Lingkungan Mahawu.

manado

Walikota GSVL dan Prof Paula kompak mengurus masakan untuk korban banjir

Pada kesempatan itu, Walikota DR. Vicky Lumentut bersama isteri Prof. Paula Runtuwene ikut berjibaku di dapur umum menyiapkan logistik untuk korban banjir.

“Warga korban banjir sangat membutuhkan makanan seperti nasi untuk mengisi perut mereka yang lapar, apalagi karena mereka belum dapat beraktifitas seperti semula karena harus membersihkan rumah tempat tinggal,” ujar Walikota Vicky Lumentut.

manado

Walikota GSVL dan Prof Puala membukus makan untuk korban bencana

Lebih lanjut, Walikota meminta Dinas terkait untuk lebih mengutamakan kebutuhan warga seperti makan, minum, pakaian, dan pelayanan kesehatan. (Liputankhusus)

 

 

 

 

 

 

 

manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*