Senin, 18 November 2019

Harga Melonjak, Olly Optimis TPID Mampu Kendalikan Inflasi

 

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Meski harga Barito (bawang, rica, tomat) beberapa hari belakangan ini melonjak dan menjadi salah satu penyebab inflasi, namun Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey optimis Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulut mampu mengendalikan inflasi di Sulut.

Harga rica saja beberapa hari belakangan melonjak hingga 100 ribu hingga 125 ribu rupiah perkilo, meski saat ini berangsur turun hingga mencapai 60 hingga 70 ribu rupiah namun Olly optimis dalam menghadapi hari raya Idul Fitri, TPID Sulut mampu mengendalikan inflasi utamanya dalam pengendalian ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga.

Lanjut Olly, terjadinya deflasi pada bulan April sebesar 1,27 persen merupakan tabungan yang baik menghadapi Idul Fitri 2019.

“Angka ini juga memotivasi kita meraih pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 hingga 6,7 persen dan inflasi 2,7 plus minus 1 persen pada tahun ini,” ucap Olly saat menghadiri rapat koordinasi High Level Meeting (HLM) TPID Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Senin (20/5/2019).

Disamping itu, menurut Olly, sejak dibentuknya TPID Sulut, tingkat inflasi dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan sangat baik.

“Karena dapat menjaga inflasi, kita mendapatkan satu penghargaan inflasi terbaik se Sulawesi. Inilah yang harus dijaga. Karena, untuk apa pertumbuhan ekonomi tinggi, jika inflasi juga tinggi. Maka hal itu tidak ada nilainya,” tandas Olly. (*/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*