Jum'at, 20 September 2019

Tingkatkan Pelayanan, Dinas Damkar Manado Gelar Bimtek

Bimtek Damkar

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado gelar Bimtek pertolongan dan pencegahan kebakaran bagi ASN dan THL

manadoterkini.com, MANADO – Pelayanan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Manado harus terus ditingkatkan. Pasalnya, instansi teknis yang kini dinahkodai M Sofyan AP. MSi, sangat berkaitan dengan keselamatan nyawa manusia dan barang-barang.

Untuk itu, Dinas Damkar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi semua Aparat Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) selama dua hari yakni 6-7 Agustus 2019 di ruang serbaguna, Pemkot Manado.

Sejumlah narasumber pun dihadirkan dalam sosialisasi kaitan pertolongan dan pencegahan kebakaran dengan tema pencapaian SPM kebakaran dan Penyelamatan.

Dimana hari pertama menghadirkan Kasubnit 2 Sat Lantas Polresta Manado Aiptu N. S Hiola memberikan materi dengan tema etika berlalu lintas.

Dalam kesempatan tersebut dijelaskan bagaimana peran penting dari Petugas Damkar saat menjalankan tugasnya. Apalagi saat terjadi kebakaran, petugas Damkar mempunyai peran penting, sehingga ketika menjalankan kendaraan damkarnya di ruas jalan, petugas Damkar yang membawa kendaraan Damkar harus diprioritaskan.

Selain itu, di dalam berlalu lintas saat menjalankan tugasnya, maka harus diutamakan keselamatan dari petugas juga karena jangan sampai petugas tersebut mengalami kecelakaan, apalagi para petugas banyak yang duduk di atas kendaraan.

“Di dalam menjalankan tugas, keselamatan juga harus diutamakan, kita harus safety agar kita menjalankan tugas bisa terlaksanakan dengan baik,” ujar perwira yang dikenal bersahaja.

Kadis Sofyan dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa bimtek ini diharapkan bisa bermanfaat bagi para ASN dan THL yang bertugas di Damkar, karena tugas yang diemban seorang petugas Damkar sangat berat karena menyelamatkan nyawa manusia dan barang-barang milik warga.

“Bimtek ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan bagi petugas Damkar didalam menjalankan tugasnya,” tandas mantan Kadis Perhubungan ini.

Bimtek tersebut Sofyan menjelaskan tentang wilayah Manajemen Kebakaran dalam Korelasi Pos Pelayanan Sekretaris Damkar Supryatna, tindakan penyelamayan Glen Lumingkewas, PMI Manado, serta tentang Mitigas kebakaran Herry Contra, Kabid kesiagaan dan yang pemaparan yang terakhir penyelamatan dan pertolongan korban kebakaran oleh Kabid Bimtek dan Pengawasan R Lontaan. (ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*