Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
PemerintahanTomohon

Ringkuangan : Disiplin PNS Merupakan Hal Yang Sangat Penting

×

Ringkuangan : Disiplin PNS Merupakan Hal Yang Sangat Penting

Sebarkan artikel ini

tomohonmanadoterkini.com, TOMOHON – Selaras dengan penerapan sistem manajemen kepegawaian, disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan bagian yang sangat penting dalam rangka mencapai sistem manajemen kepegawaian yang baik.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan dalam Sosialisasi Komisis Aparatur Sipil Negara (KASN) Tentang Penerapan Manajemen dan Penegakan Disiplin PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon pada Rabu (23/06/2021) siang tadi.

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. Adalah kesanggupan PNS untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin.

“Pelanggaran disiplin adalah setiap ucapan, tulisan, atau perbuatan PNS yang tidak menaati kewajiban dan/atau melanggar larangan ketentuan disiplin PNS, baik yang dilakukan didalam maupun diluar jam kerja. Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam penataan peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara dalam lingkup sistem manajemen kepegawaian dilingkungan Pemerintah Kota Tomohon,” ujar Ringkuangan.

Berkaitan dengan hal tersebut Ringkuangan menegaskan bahwa perlu diadakannya sosialisasi tentang manajemen kepegawaian. Dengan diadakannya sosialisasi manajemen kepegawaian setidaknya ada tiga tujuan yang harus tercapai, yaitu;

Pertama, dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika ASN sesuai dengan kebutuhan instansi;

Kedua, menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa;

Ketiga, menciptakan kesamaan persepsi dan pemahaman pola pikir dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan manajemen kepegawaian.

“Saya harap peserta sosialisasi supaya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga sasaran kita untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang efektif dapat terlaksana dalam rangka mewujudkan visi Tomohon maju, berdaya saing dan sejahtera,” pungkasnya.

Setelah kegiatan sosialisasi tersebut Walikota Tomohon Caroll Senduk, SH menyempatkan untuk bertatap muka dan berdialog dengan Tim KASN Republik Indonesia yakni Komisioner KASN Bidang Pengisian JPT DR Rudiarto Sumarwono, Asisten Komisioner KASN Bidang Pengisian JPT John Ferianto, MM. (fis)