Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BitungLiputan Khusus

Hari Pramuka Ke 59, Wali Kota Bitung : Gerakan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional Wajib Dilaksanakan

×

Hari Pramuka Ke 59, Wali Kota Bitung : Gerakan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional Wajib Dilaksanakan

Sebarkan artikel ini

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Hari Pramuka (Praja Muda Karana) diperingati pada setiap tanggal 14 Agustus, yang pada tahun 2020 ini mengusung tema Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara. Jumat (14/08/2020)

Tema tersebut sejalan dengan upaya yang ditunjukkan oleh Kwartir Nasional atau Kwarnas melalui pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 dan upaya untuk menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh kwartir guna membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak.

Terkait peringatan hari Pramuka ke-59 di tahun 2020 ini, Pemerintah Kota Bitung melalui Wali Kota Maximiliaan J Lomban, SE MSi mengajak seluruh anggota Pramuka di Kota Bitung untuk terus menjadi pandu dengan jiwa dan karakter yang tangguh, karakter pramuka yang memiliki jiwa muda yang suka berkarya.

Lebih lanjut, Lomban yang juga adalah ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Bitung mengajak Pramuka untuk tetap melaksanakan dua pesan Presiden Joko Widodo. Dua pesan tersebut yaitu, pertama, gerakan kedisiplinan nasional, dimana seluruh anggota pramuka Indonesia dapat turut serta mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan, dan kedua yaitu gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, peduli, dan saling berbagi.

bitungDua gerakan ini menurut Wali Kota bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi, tetapi juga akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan sejati Pramuka Indonesia seperti tertuang dalam Dwidarma, Trisatya, dan Dasadarma Pramuka.

Di sisi lain Walikota mengungkapkan bahwa di era pandemi Covid-19 yang menyebabkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi ini maka jiwa dan karakter kedisiplinan nasional serta gerakan kepedulian sional sangat dibutuhkan untuk saling membantu, saling peduli saling berbagi.

Senada, Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, mengatakan bahwa dalam momentum memperingati hari Pramuka di tahun 2020 ini, kepedulian terhadap masyarakat sekitar dan peduli terhadap kepentingan bersama harus terus ada dalam setiap jiwa para Pramuka. “Ini diwujudkan dalam hal saling membantu dan bergotong royong menyelesaikan masalah bersama,” pungkasnya. (Refly/Adv)