Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususPemerintahanPolitik

Presiden Jokowi Lantik Olly-Steven sebagai Gubernur dan Wagub Sulut 2021-2024

×

Presiden Jokowi Lantik Olly-Steven sebagai Gubernur dan Wagub Sulut 2021-2024

Sebarkan artikel ini
ODSK
Sebelum pelantikan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey-Steven Kandouw beserta keluarga mengawali kegiatan dengan ibadah. (ist)

manadoterkini.com, SULUT – Sejarah mencatat 15 Februari 2021 Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw resmi dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta.

Pelantikan Olly-Steven Sebagai Gubernur dan Wagub Sulut Menggunakan Protokol Ketat.

ODSK
Acara pelantikan diatur secara protokoler dan diawali memberlakukan Prokes Covid-19 yang ketat. (ist)

Pelantikan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw di Istana Negara Jakarta hari ini, Senin (15/2/2021) menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penerapan protokol itu dilakukan seperti tes swab PCR sebelum hari H, memakai masker, menjaga jarak bahkan undangan yang hadir pun tidak seperti biasanya dan sangat terbatas.

ODSK
Menuju istana merdeka/istana negara gub dan wgb menggunakan kendaraan Buggy Car dan setelah tiba di halaman Istana Merdeka, jalan kaki melewati jajar kehormatan Paspampres. (ist)

Sekretaris Daerah Provinsi yang juga Plh Gubernur Sulut menjelaskan pelantikan di masa pandemi ini berbeda, dimana kehadirannya terbatas hanya di hadiri oleh ketua DPRD, Sekprov dan juga keluarga inti isteri dan anak.

Olly dan Steven sendiri kembali memimpin Sulawesi Utara di Periode kedua, masa jabatan 2021- 2026.

sulut
Presiden bersama Gubernur dan Wagub prosesi kirab menuju Istana Negara dikawal jajar kehormatan Paspampres. (ist)

Sebelum dilantik, Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw terlebih dahulu mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kirab itu juga diikuti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Kirab ini dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara tempat berlangsungnya prosesi pelantikan.

ODSK
melewati jajar kehormatan Paspampres, Tiba di Ruang Kredensial Istana Merdeka dijemput protokol istana dan Presiden selanjutnya Perkenalan oleh Protokol Istana.(ist)

Gubernur dan Wagub Sulut pilihan rakyat itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

Acara pelantikan diatur secara protokoler  dan memberlakukan Prokes Covid-19 yang ketat.

Peserta pelantikan wajib swab H-1 per hari H wajib SWAB di RS. Bunda, Medistra atau Siloam.

Menuju istana merdeka/istana negara gub dan wgb menggunakan  kendaraan Buggy Car dan setelah tiba di halaman istana merdeka, jalan kaki

Tiba di Istana Negara, dijemput protokol dan menempati tempat yang disiapkan bersama Gubernur dan Wagub Kalimantan Utara.

Berikut petikan acara pelantikan Gubernur dan Wagub Sulut:

Pukul 09.00 WIB Acara Pelantikan :

* Lagu Kebangsaan Ind Raya

* Pembacaan SK

* Pengucapan Sumpah/Janji

* Penandatanganan BA Sumpah/Janji

* Pelantikan

* Lagu Kebangsaan Ind Raya

 

Presiden Joko Widodo Resmi Melantik Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw

Sulut
Pasangan gubernur dan wakil gubernur Sulut dilantik paling pertama oleh Presiden Jokowi bersama gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara. (ist)

Presiden  sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan pimpinan provinsi hasil Pilkada pada 2020, di Istana Negara Jakarta, Senin (15/2/2021).

sulut
Pengucapan Sumpah/Janji. (ist)

Pasangan petahana ini memenangkan pilkada Sulut pada 2020 lalu dengan perolehan suara 821.503.

sulut
Pengambilan Petikan SK Presiden di meja yang disiapkan. (ist)

Sulut tercatat tidak memiliki tanggungan gugatan pilgub dalam pilkada 2020 lalu. Karenanya, pasangan gubernur dan wakil gubernur Sulut dilantik paling pertama oleh Presiden Jokowi bersama gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara.

sulut
Pengambilan Petikan SK Presiden. (ist)

Total ada sembilan provinsi yang menggelar Pilgub pada 2020 lalu. Selain Sulut dan Kaltara, provinsi lain yang menggelar pemilihan gubernur dan wagub adalah Sumatra Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bengkulu, dan Sulawesi Tengah.

ODSK
Wagub Sulut Steven Kandouw mengambil petikan SK. (ist)

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor Nomor 19/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut masa jabatan 2021-2024. Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kepada Olly dan Steven

sulut
Ucapan selamat oleh Presiden Jokowi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur usai dilantik di Istana Negara

“Demi Tuhan saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ujar Jokowi yang diikuti Olly dan Steven. (Adv/Rizath)