Olly Dondokambey Bangga Adat Tulude Warisan Para Leluhur Masih Dijaga Masyarakat Nusa Utara

Olly Dondokambey Bangga Adat Tulude Warisan Para Leluhur Masih Dijaga Masyarakat “Nusa Utara”

olly dondokambeymanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengaku bangga dengan masyarakat Nusa Utara karena adat Tulude yang merupakan warisan para leluhur masyarakat masih terjaga hingga saat ini.

Hal itu disampaikan Gubernur Olly Dondokambey pada momentum acara adat Tulude yang sarat budaya itu di Kabupaten Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro), Minggu (30/1/2022).

Tulude sendiri merupakan acara adat atau tradisi tahunan yang diwariskan oleh para leluhur masyarakat “Nusa Utara” Sangihe, Talaud dan Sitaro.

sulutAcara yang setiap tahunnya digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan di akhir bulan Januari seperti tahun 2022 ini, berlangsung di Sitaro.

Gubernur Olly Dondokambey mengaku bangga berada di tengah-tengah masyarakat Sitaro yang punya adat istiadat dan budaya beradab. Ini harus dikembangkan kata Olly.

Kehadiran Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw pada Ucapan syukur pemerintah dan masyarakat yang atas penyertaan Tuhan selama tahun 2021 dan memohon penyertaan keberkatan di tahun 2022 itu dipusatkan di Kelurahan Paseng pada Minggu (30/1/2022) berlangsung sederhana dan melakukan protokol ketat.

Meski berlangsung penuh kesederhanaan namun suasana semarak dan kekeluargaan sangat terlihat dari setiap prosesi yang dilaksanakan.

sulutPada kesempatan tersebut, Olly menyerukan imbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga dan merawat serta tidak terpengaruh dengan hadirnya budaya asing serta modernisasi.

Kabupaten Sitaro kata Olly memiliki adat-isitiadat dan budaya yang jauh lebih hebat serta eksotis, sehingga layak untuk dikembangkan.

“Janganlah terpana dengan gaya dari luar. Karena kita punya budaya beradab yang harus kita rawat dan dipertahankan,” tandasnya.

sulutOlly mengaku sangat bangga berada di masyarakat yang memiliki ketulusan untuk menjaga warisan dan nilai-nilai leluhur.

“Bahwasannya segala tuntunan dan penyertaan Tuhan itu harus disyukuri. Hal ini harus disadari dengan cara konstruktif serta bernilai positif,” tandasnya.

Diungkapkan Gubernur Olly, merupakan sukacita melimpah ketika dapat bersama-sama menggelar adat Tulude Tahun 2022 untuk memohon berkat dari Tuhan di sepanjang tahun ini.

sulut“Seluruh rangkaian Tulude ini dapat dilaksanakan dengan baik, karena kehebatan Ibu Bupati Evangelian Sasingen yang dengan cepat mempersiapkan semuanya,” kata Olly yang disambut apresiasi dari masyarakat yang hadir.

Menariknya Olly menyampaikan bahwa, dalam waktu dekat ini, Kabupaten Sitaro bakal hadir bandara dengan nama Bung Karno.

(Adv Kominfo Sulut)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.