Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan BisnisLiputan KhususPemerintahan

Tumbuh 5,40%, Pertumbuhan Ekonomi Sulut Lampaui Nasional

×

Tumbuh 5,40%, Pertumbuhan Ekonomi Sulut Lampaui Nasional

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Komitmen Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Prof DR (Hc) Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) mengangkat perekonomian daerah Nyiur Melambai laur biasa hebat. Terbukti pasangan OD-SK kembali mengangkat perekonomian daerah Sulut Tumbuh 5,40%.

Dengan Pertumbuhan Ekonomi (PE) Bumi Nyiur Melambai yang menunjukkan tren positif jelang akhir tahun 2023 ini atau triwulan III tahun ini menandakan kerja keras dan kerja tuntas dari OD-SK terlaksana dengan baik.

Narita Jepang
Gubernur Olly dondokambey bersama rombongan tiba Tokyo Narita Jepang

Berdasarkan pemaparan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara pada kuartal ketiga tahun 2023 tercatat tumbuh 5,40 persen secara Year on Year (YoY).

Dimana PE Sulut ini kembali lebih tinggi dari PE nasional kuartal ketiga yang tercatat sebesar 4,94 persen.

“Sementara secara C to C, Pertumbuhan Eko- nomi Sulut pada triwulan III tumbuh 5,65 persen,” kata Statistisi Ahli Mad- ya BPS Sulawesi Utara, Sirly Worotikan, Senin (06/11/2023).

SulutSebagai pembanding, PE Nasional secara C to C ter- catat 5,05 persen.

“Hingga kuartal ketiga tahun ini, Per- tumbuhan Ekonomi Sula- wesi Utara selalu tumbuh di atas nasional,” jelas Worotikan.

olly
Gubernur Sulut Olly Dondokambey di Pasar Airmadidi

Namun begitu menurutnya, kendati tumbuh, PE Sulawesi Utara pada kuartal ketiga terjadi perlambatan, yaitu pada kuartal dan swasta,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, PE Sulawesi Utara Selain itu, peningkatan tercatat 6,28 persen. jumlah wisatawan mancanegara.

UMKM salah satu penyumbang pertumbuhan ekonomi sulutDilihat dari kalangan usaha, tiga sektor menjadi kontributor utama PE Sulut.

Pertama ialah lapangan usaha pertanian yang berkontribusi 20.55 persen.

Selain itu, lapangan usa- ha perdagangan dan konstruksi serta transportasi tumbuh 13.9 persen dan konstruksi tumbuh 11.85 persen,” kata Worotikan.

Dan Lapangan usaha transportasi tumbuh signifikan karena beberapa faktor kondisi ekonomi.

“Transportasi mengalami per- tumbuhan yang signifikan dido- rong oleh banyak- nya perjalanan dinas. Baik dari instansi pemerintah dan swasta,” jelas Worotikan.

Faktor lain lanjutnya seperti adanya sejumlah event internasional dan domestik di Manado dan daerah lain di Sulawesi Utara.

“Transportasi mengalami per- tumbuhan yang signifikan didorong oleh banyaknya perjalanan dinas. Baik dari instansi pemerintah. Begitu juga transportasi antar negara, adanya penambahan frekuensi penerbangan China Southern Air serta penambahan jumlah kapal rute Manado-Talaud menjadi faktor meningkatkan pertumbuhan lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan,” terangnya.

Sembari menambahkan bahwa untuk sektor lapangan usaha akomodasi, tumbuh dua digit, 10 persen lebih. (Advetorial Kominfo Sulut)