Senin, 19 Agustus 2019

GSVL Terus Kawal Program UC bagi Warga Manado

Temui Pasien RSU Pancaran Kasih

manado

Ucapkan terima kasih, Oma Hilda salami Walikota GSVL

MANADO, (manadoterkini.com) – Lagi Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, Kamis (18/9) melakukan inspeksi mendadak di Rumah Sakit Umum (RSU) Pancaran Kasih. Kedatangan Walikota GSVL didampingi Kadis Kesehatan dr Robby Mottoh dan Kepala Bappeda Peter KB Assa MSc, Ph.D, mengecek program pengobatan gratis bagi warga Manado atau Universal Coverage (UC).

Tak ayal, dalam kunjungan tersebut, Walikota pilihan rakyat itu menerima berbagai keluhan dari keluarga pasien terkait masih ada yang minta bayaran, padahal pasien sudah dilindungi dengan program UC.

Walikota menegaskan jika Pemerintah Kota (Pemkot) Manado telah menggratiskan pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Manado yang memanfaatkan program UC.”Pak Kadis (Mottoh, red) tolong diperhatikan ini. Tidak ada lagi yang bayar-bayar, program UC gratis bagi masyarakat Kota Manado,” tandas Walikota.

Menurut GSVL, sapaan akrab Walikota, sebagai pemimpin kota dirinya berharap Rumah Sakit yang bekerjasama dengan Pemkot Manado untuk melaksanakan program UC, harus konsisten dalam memberikan pelayanan gratis bagi masyarakat.

Meski demikian, sebagian besar pasien yang ditemui Walikota mengaku sudah merasakan manfaat dari program UC. Mereka tidak lagi dibebani dengan biaya perawatan selama berada di RS.”Terima kasih pak Walikota Vicky, kami sudah merasakan manfaat dari program UC,”ujar oma Hilda, pasien yang sudah cukup lama dirawat inap di RS Pancaran Kasih.

Seperti diketahui, ada enam RS yang bekerjasama dengan Pemkot Manado dalam pengelolaan program UC, yakni RSU Pancaran Kasih, RSUD Ratumbuysang, RS Bhayangkara, RS Advent Manado, RSU Sitti Maryam, dan RSUP Prof Kandow Malalayang.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*