Jum'at, 22 November 2019

Besok, Pemkot Manado Peringati Setahun Tragedi Banjir Bandang

manado

Walikota GSVL turun langsung pulihkan Manado dari bencana banjir bandang

MANADO, (manadoterkini.com) – Banjir bandang di Kota Manado, 15 Januari 2014 lalu menjadi moment yang tidak bisa dilupakan bagi warga. Tak ayal, untuk mengenang peristiwa tersebut, Kamis (15/1) besok, Pemkot Manado akan mengelar doa bersama, serta kegiatan pemutaran dokumentasi terkait peristawa tersebut.

Kabag Humas dan Protokol Franky Mocodompis, menuturkan Walikota GS Vicky Lumentut, telah menugaskan beberapa pihak untuk merencanakan terkait dengan peringatan 1 Tahun bencana banjir bandang 15 Januari 2014 lalu. “Untuk menindak lanjuti perintah Pak Walikota GS Vicky Lumentut, kami telah menggelar rapat yang dipimpin oleh Asisten I bertempat di Ruangan kerjanya. Rapat tersebut , dihadiri oleh beberapa instansi seperti, BPBD, Dinsos, Bagian Kesra, diikuti oleh TNI AU dan unsur dari badan SAR Nasional,” kata Mocodompis, Rabu (14/1).

Dikatakan Mocodompis, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan, pada besok hari peringatan 1 Tahun peristiwa bencana banjir bandang. Diantaranya, Apel kesiap siagaan bencana dan akan dihadiri oleh unsure terkait yang menangani bencana serta seluruh SKPD, kegiatan simulasi bencana oleh unsur penanganan bencana terkait untuk mendemontrasikan, bagaimana proses mekanisme dan tahapan cara menanggulangi disaat terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

“Ada juga beberapa kegiatan tambahan, yakni pelaksanaan kerja bakhti atau bakhti sosial pada Jumat 16 Januari, bertempat di lokasi-lokasi yang terkena bencana banjir 11 Januari 2015 baru lalu. Untuk lokasinya akan dibahas oleh BPBD dan para camat dan disampaikan ke Badan Lingkungan Hidup, hasil tersebut akan diteruskan ke seluruh SKPD Permkot Manado. Karena ada kegiatan rutin Pemkot Manado setiap hari Jumat yakni jumpa berlian, agar kegiatan jumpa berlian itu bisa dilakukan bersama-sama di lokasi-lokasi yang terjadi bencana banjir baru lalu,”jelas Mocodompis.

Ditambahkannya, untuk Bagian Humas sendiri akan bekerja sama dengan para wartawan Pos Liputan Pemkot Manado dan Dinas Pendidikan Manado. Akan melaksanakan pemutaran film terkait bencana yang terjadi di Kota Manado, bertempat di Aula serba guna pemkot manado. Untuk pemutaran film tentang bencana yang terjadi di Kota Manado, diperkirakan sekitar pukul 13.00.

Dalam kegiatan tersebut, TIM SAR akan diberikan waktu untuk melakukan demonstransi, bagaimana penanggulangan kalau terjadi bencana di area persekolahan. “Semua kegiatan untuk memperingati 1 Tahun tragedi bencana banjir bandang tersebut, merupakn ide dan saran dari Pak Walikota GS Vicky Lumentut. Agar supaya peringatan Setahun terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di Manado, bisa dilaksanakan dengan menjawab kebutuhan masyarakat dan bukan hanya sekedar kegiatan ceremony belaka,”pungkas Mocodompis.

Diketahui Walikota GS Vicky Lumentut, sebelum bertolak ke Jakarta, untuk bertemu Badan Nasional Pananggulangan Bencana (BNPB), meminta bantuan bagi warga terkana bencana banjir dan longsor Minggu (11/1) serta mengingatkan kembali akan janji Pemerintah Pusat terkait bantuan bencana 15 Januari 2014 lalu.(ald)

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Dengan Menjaga Lingkungan Tempat Tinggal ,Penanaman Regenerasi Pohon diperbukitan, Budaya Buang Sampah bukan dibelantaran Sungai kita menciptakan lingkungan yang sehat jauh dari bencana dan hal yang tidak kita inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*