Selasa, 22 Oktober 2019

Pemprov Sulut Diminta Turun Tangan Atasi Sampah di Ringroad

manado

Walikota GSVL mendapati warga buang sampah di ringroad belum lama ini.

MANADO, (manadoterkini.com) – Jalan ringroad berada di tiga wilayah Kabupaten/Kota di Sulut. Untuk itu, warga yang membuang sampah di ringroad harusnya menjadi pengawasan Pemprov Sulut. Pasalnya, selama ini persoalan sampah di jalan ringroad ditangani oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemkot Manado.

Diakui Kadis Kebersihan dan Pertamanan Pemkot Manado, Julises Oehlers SH, jalan ringroad masih menjadi tempat buang sampah dari warga. Padahal Disbertam sudah beberapa kali melakukan pembersihan di wilayah tersebut. “Kami sudah beberapa kali mengangkat sampah yang dibuang warga di jalan ringroad,”ujar Oehlers.

Lanjutnya, masih ditemukannya sampah di jalan ringroad memberikan sinyal warga belum sadar dengan persoalan sampah. “Tentunya kalau jalan ringroad bersih kita pasti senang melihat karena tidak ada sampah berserakan,”ungkap Oehlers.

Tetapi masih ada masyarakat yang belum sadar dan membuang sampah di tempat itu, padahal kalau jalan Ringroad itu bersih kita semua pasti senang melihat sepanjang jalan itu tidak ada sampah berserakan.

Meskipun bukan hanya wilayah Manado, namun Oehlers meminta kerjasama warga sama-sama menjaga ringroad agar bebas dari sampah.

“Tolong bantu dan jaga bersama ringroad agar selalu bersih, karena kalau lingkungan bersih kita pasti senang. Saya harapkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, serta pada waktu yang telah ditentukan. Mari kita jaga bersama kebersihan di Kota Manado dengan hati yang tulus,” terang Oehlers.

Dia pun yakin bahwa yang buang sampah di jalan ringroad bukanlah warga Manado, namun dari luar daerah. “Saya pun yakin yang buang sampah di jalan ringroad bukan orang Manado,”tambahnya.

Sementara seorang warga Malendeng Revol Tewu (28) mengatakan, dirinya sering nongkrong disaat malam hari untuk makan jagung bakar di Jalan Ringroad. Dikatakannya, berapa kali dilihatnya ada truk sampah yang membuang sampah dimalam hari di jalan Ringroad, untuk itu dimintanya agar ada petugas untuk menjaga dan mengontrol pada malam hari.

“Lebih baik kalau pada malam hari ada petugas entah Pol PP yang jaga di jalan Ringroad, agar tidak ada yang membuang sampah pada malam hari di Ringroad,” ujar Revol seraya menambahkan, sepertinya sampah-sampah dan puing yang dibuang di Ringroad, bukan dari masyarakat Kota Manado, melainkan dari luar Kota Manado.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*