Kamis, 5 Desember 2019

Akibat Musim Kemarau Berkepanjangan, Sudah 9.581 Warga Mitra Tekena ISPA

RATAHAN, (manadoterkini.com)-Selang September, ribuan warga yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dilaporkan terkena penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Hal tersebut berdasarkan data yang dirangkum manadoterkini.com sejak musim kemarau ini terjadi, penderita ISPA telah mencapai 9.581 orang. “Musim kemarau seperti sekarang, rentan sekali bagi manusia khususnya anak-anak diserang ISPA, apalagi mereka yang bermain di tempat yang banyak debu,” ujar Kadis Kesehatan Mitra dr Rinny Tamuntuan.

Dikatakan Tamuntuan, upaya pencegahan terus dilakukan pihaknya, tetapi maksimalnya pencegahan sangat bergantung pada sikap dari warga sendiri. “ISPA terjadi karena ada infeksi yang parah pada bagian sinus, tenggerokan, saluran udara atau paru-paru. Jika bakteri sudah masuk, otomatis fungsi pernapasan jadi terganggu,” jelas Tamuntuan.

Dirinya kemudian mengimbau aga warga sama-sama berupaya lakukan pencegahan, termasuk segera melakukan penanganan jika ada yang terserang ISPA. “Karena jika tidak segera ditangani, ISPA dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan tubuh tidak bisa mendapatkan cukup oksigen karena infeksi yang terjadi. Kondisi ini bisa berakibat fatal, bahkan mungkin mematikan,” tandasnya.(tim/dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*