Kamis, 21 November 2019

Lantik 5 Kepala Daerah, Olly : Bangun Sinergritas dan Hubungan Harmonis

MTerkini.com, SULUT – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, Rabu (17/2/2016) melantik Bupati/Walikota periode 2016-2021 hasil Pilkada Serentak 9 Desember lalu.

received_10201221980508126Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri yang diberikan Gubernur Sulut langsung kepada Bupati/Walikota serta Wakil Bupati/Wakil Bupati di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Manado.

Dalam kesempatan tersebut OD sapaan familiar Ketua DPD PDIP tersebut mengingatkan Kabupaten/Kota harus bersinergi dengan Pemprov terutama dalam mensolusikan pekerjaan rumah yang sampai saat ini belum terselesaikan diantaranya memerangi kemiskinan dan pengangguran.

“Memastikan ketahanan pangan, Perhatian bagi Putra-Putri Sulut yang merupakan masa depan kita. Membangun dari pinggiran dan memastikan kedaulatan pangan, energi serta maritim di wilayah kepulauan dan perbatasan,”ujar Olly.

received_10201221980948137Olly juga mengingatkan agar Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah harus bangun hubungan yang harmonis, saling mendukung dan menopang satu dengan yang lain agar tidak terjadi Miss Interpretasi dan keretakan ditengah jalan.

“Telah ada pembangian tugas-tugas, wewenang, kewajiban dan hak yang jelas antara kepala daerah dan wakilnya sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” ujar Dondokambey.

received_10201221981348147Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, Olly mengingatkan para kepala daerah yang barusan dilantik termasuk daerah lainnya akan fungsi koordinasi dan kerjasama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Dalam waktu singkat para kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten/Kota harus mampu melakukan konsolidasi internal dalam tubuh jajaran pemerintahan, sekaligus menggalang sinergitas kerja dengan stakeholders pembangunan lainnya termasuk koordinasi keatas dengan Pemprov Sulut,” ujar Dondokambey.

Tak lupa Gubernur yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perujuangan tersebut menegaskan kepala daerah harus mampu merealisasikan visi yang diusung, melalui program kerja secara bertahap setiap tahunnya selama lima tahun.

“Sesuaikan dengan kemampuan dan potensi daerah, serta sinergitas dengan arah pembangunan bangsa saat ini yakni Nawa cita,” tandas orang nomor satu di tubuh PDIP Sulut ini.

Mendengar arahan Gubernur Sulut tersebut, gayung bersambut para Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota yang dilantik diantaranya Bupati Bolsel Herson Mayulu dan Wabup Iskandar Kamaru, Bupati Boltim Sehan Landjar dan Wabup Rusi Gumalangit, Walikota Tomohon Jimmy Eman dan Wakil Syerly Sompotan, Bupati Minut Vonnie Panambunan dan Wabup Joppi Lengkong serta Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Frangky Wongkar siap menjalankan amanah sebagaimana peraturan perundang-undangan termasuk tugas pokok dan fungsi serta koordinasi.

Untuk diketahui hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Forkompinda Sulut, Anggota DPRD Sulut, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan bersama Wakil Ketua dr Devi Kartika Kandouw – Tanos, Pejabat Pemprov Sulut, Anggota DPRD dan Penjabat di Kabupaten/Kota serta keluarga dari Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Bupati.(alfa/ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*