Minggu, 20 Oktober 2019

Banyak Jalan Lubang, Jalan Raya di Minsel

MTerkini.com, AMURANG – Di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) masih banyak ruas jalan dengan kondisi rusak. Hal ini pun diyakini menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Pasalnya, jalan yang bergelombang dapat mengubah arah kendaraan yang melintas dan sangat membahayakan.

Anggota DPRD Kabupaten Minsel Billy Regar mengaku telah survei terkait titik-titik lokasi jalan yang rusak. Nantinya hasil survei akan dikomunikasikan kepada pihak terkait, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar dilakukan perbaikan.

“Baiknya instansi terkait segera melakukan perbaikan. Kemudian minimnya penerangan juga menjadi salah satu faktor masih seringnya terjadi kecelakaan di jalan yang rusak,” kata Regar.

Hal senada diungkap, anggota DPRD dari fraksi Golkar Maikel Sengkey. Menurutnya, untk menghindari kecelakaan terutama di jalan yang rusak pengendara harus lebih mengenal karakter jalan.

“Kemudian juga mengurangi kecepatan di jalan rusak, terutama jika sedang hujan karena lubang tidak terlihat,” tukas.

Sementara itu, berdasarkan data dan informasi yang berhasil dirangkum manadoterkini.com total lakalantas selang bulan Januari – Desember 2015 ada 79 kasus.

Kapolres Minsel, AKBP Benny Bawensel SIK MSi ketika dikonfirmasi melalui Kasat Lantas Aiptu A Jansen beberapa waktu lalu, menjelaskan ada banyak peristiwa lakalantas yang salah satunya akibat kondisi jalan rusak di wilayah Minsel. Secara keseluruhan kasus lakalantas, pihaknya mencatat 55 luka berat dan 27 luka ringan dengan kerugian material 459 juta.

Sedangkan kecelakaan yang melibatkan roda dua sebanyak 73 unit, mobil penumpang 35 unit, dan mobil barang 23 unit. Pihaknya juga mencatat, ada sekitar 9 kasuslaka tunggal dan 13 kasus tabrak lari.
“Rata-rata para korbannya berumur 16-25 Tahun yang berprofesi sebagai pelajar dan petani,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*