Selasa, 15 Oktober 2019

Tingkatkan Kapasitas, Anggota DPRD Manado Ikut Bimtek di Jakarta

manadoMTerkini.com, MANADO – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menghadiri Bimbingan Teknis di Jakarta (6-8/3/2016) di Hotel Best Western Jakarta.

Bimbingan Teknis DPRD Kota Manado dibuka oleh Muhammad Nawir dari Dewan Pimpinan Pusat Assosiasi Lembaga Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Mamusia Indonesia (DPP ALPEKSI), yang didampingi oleh Ketua DPRD Kota Manado Nortje Henny Van Bone.

Bimbingan Teknis kali ini mengangkat tema “Peran DPRD Dalam Pembahasan, Penyusunan Ranperda RPJMD dan Mekanisme Pembentukan Produk Hukum Daerah Sesuai Permendagri No. 80 Tahun 2015.”

Dalam sambutan yang disampaikan Ketua DPRD Henny Nortje Van Bone pada Pembukaan Bimtek kali ini, beliau mengatakan bahwa Bimbingan Teknis ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi setiap anggota DPRD dalam rangka untuk memahami setiap aturan-aturan yang terus mengalami perubahan.

“Peserta Bimtek diharapkan untuk mengikuti setiap materi yang diberikan selama bimtek berlangsung,” ujar Van Bone.

Materi Bintek Pertama dengan mengangkat Judul “Kebijakan Perjalanan Dinas Bagi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Dalam APBD Tahun Anggaran 2016 dibawakan oleh Dr. Hendriwan, MH.,M.Si, Kasubdit Badan Layanan Umum Daerah pada Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sedangkan Pada sesi Kedua Materi yang dibawakan berjudul “Penyusunan Visi, Misi dan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD)” dibawakan oleh Ir. Agustenno Siburian, MSi. dari Ditjen Bina Pembagunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sesi Ketiga Materi yang dibawakan berjudul “Kebijakan Penyampaian LKPJ” dibawakan oleh Drs. Syarifuddin, MM. dari Ditjen Bina Keuangan Daerah Kenterian Dalam Negeri Republik Indonesia. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*