Minggu, 21 Juli 2019

Tahun Ini, Pemkab Minsel Bakal Kebagian Mesin Alsintan dari Pemerintah Pusat

MTerkini.com, AMURANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) akan menerima bantuan mesin pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Minsel Ir Decky Keintjem kepada manadoterkini.com Sabtu (19/3) siang tadi.

Dia menjelaskan bantuan mesin ini guna mencapai target kedaulatan pangan tahun 2017 mendatang.
“Bantuan ini sudah yang kesekian kali. Sebelumnya bantuan yang diberikan berkat lobi yang dilakukan Bupati Minsel, Christiany Eugenia Paruntu SE, berupa pencetakan sawah baru dan bibit jagung,” ujar Keintjem.

Lebih lanjut, Keintjem mengatakan, bantuan mesin ini sebagai upaya menjalankan program peningkatan produksi pertanian di Minsel khususnya jagung dan padi.

“Dengan bantuan ini tentu akan merangsang kelompok tani, untuk lebih meningkatkan produksi pertanian mereka,” ujarnya lagi.

Hal senada dikatakan, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Distanak Minsel, Ronald Paath. Dia menuturkan bantuan Alsintan ini dianggarkan Pemerintah Pusat pada tahun 2015 dan baru diserahkan pada akhir tahun ini.

“Alat ini sudah kita lakukan uji coba beberapa waktu lalu saat panen jagung di Desa Lopana Amurang Timur. Cara kerjanya memang sangat canggih dan memudahkan petani karena saat panen yang dihasilkan langsung biji jagung,” tuturnya.
Pemberian bantuan ini, kata dia tidak lepas dari peran Pemkab Minsel yang mendukung penuh program Pemerintah Pusat.

“Kita patut berbangga karena memiliki pemimpin yang peduli dengan kemajuan pertanian. Lewat lobby Bupati, Pemerintah Pusat terus memberikan bantuan untuk Minsel,” tutupnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*