Selasa, 10 Desember 2019

Musik Kolintang Ternyata Masih Diminati Generasi Muda Sulut

kolintangmanadoterkini.com, SULUT – Penampilan Musik Kolintang para pemuda dan remaja lewat Pagelaran Seni dengan tajuk “Ansambel Musik Kolintang Kayu Minahasa Dari Masa Ke Masa” di Taman Budaya Pemprov Sulut, Rabu (18/05/2016) begitu menakjubkan dan sangat menghibur.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Sulut ini, dikonseb dengan ceritakan dan diperagakan lewat lagu diiringi musik kolintang, meyakinkan penoton bahwa memang musik ini berasal dari Minahasa, dan sudah ada beberapa puluhan tahun silam.

Kadisbudpar Sulut Ir Happy Korah dalam sambutannya, yang sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan, pagelaran Kolintang ini dimaksud untuk lebih menggerakkan minat masyarakat terlebih generasi muda untuk mencintai musik kolintang, yang merupakan alat musik yang barasal dari daerah Nyiur Melambai ini.

” Mari kita mencintai musik kolintang, menjaga dan melestarikannya. Jangan sampai musik Kolintang yang nota bene berasal dari Minahasa, diambil orang, ” pesan Korah.

Terpisa, Kepada manadoterkini.com, Korah mengatakan, tidak benar jika kita mengatakan musik kolitang tidak lagi digemari generasi muda Sulut.
“Kita sudah lihat bersama yang membawakan kolintang, itu semua anak muda, ” ujarnya sembari mengatakan kegiatan seperti ini diselenggarakan kontinu setiap tiga bulan.

Menurutnya, pagelaran ini pula sebagai wadah dimana menyerap menampung generasi talenta mudah serta masyarakat yang ingin bersama sama pemerintah dalam upaya memelihara musik ini, dan menjadi aktor dalam tumbu kembangnya musik kolintang serta pariwisata di Sulut.

“Saya berharap kepada masyarakat agar memberi dukungan penuh dalam melestarikan musik Kolintang di Sulut, agar terpelihara, dan bisa bersaing di kancah nasional maupun internasional, ”kunci Korah.(alfa)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*