Jum'at, 19 Juli 2019

Sekprov Mokodongan : Jadikan MTQ Wahana Peningkatan Kualitas Iman

sekdamanadoterkini.com, SULUT - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Siswa Rachmat Mokodongan membuka Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Alquran (MTQ) tingkat Provinsi Sulut, Rabu (25/05/2016) digelar Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)

Dalam sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang di bawakan Sekprov Mokodongan mengatakan, Musabaqah Tilawatil Qur’an dipahami bersama sebagai salah satu momentum konstruktif bagi umat Islam, dikarenakan kegiatan ini bertujuan untuk selalu mengingatkan umat Islam akan pentingnya Al-Qur’an dalam kehidupan sebagai umat ciptaan Allah.

“Pada hakekatnya pelaksanaan MTQ provinsi Sulut ke- XXVI, merupakan sarana meningkatkan, pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Al,Qur’an dalam kehidupan sehari-hari umat Islam, ” ungkapnya.

bahagi

Disisi lain, kegiatan MTQ ini juga merupakan media silaturahmi untuk menjalin dan mengokohkan persaudaraan, keakraban, kekeluargaan serta ukhuwah islamiyah di antara umat Islam yang ada di Sulawesi Utara.

“Karena itu, pelaksanaan MTQ ini, disamping sebagai momentum penting dan strategis bagi perwujudan nilai-nilai keislaman, juga saya pandang sebagai media pemantapan peran kaum muslimin dan muslimat dalam memperkuat antar umat beragama di provinsi Sulut. Sehingga menjadi pemahaman kita bersama bahwa MTQ yang akan diikuti ini merupakan komponen sistem yang tidak dapat dipisakan dari proses pembangunan bangsa kedepan, ” ungkap Mokodongan.

Lanjutnya, dalam konteks ini, maka mewakili Gubernur Sulut, “Saya memberikan apresiasi atas fasilitas pemerintah kabupaten minahasa tenggara (Mitra) serta kerja keras panitia dan LPTQ Provinsi Sulut sehingga kegiatan ini terselenggara,” katanya.

Diakhir sambutannya, Dia berpesan agar peserta tidak mengabaikan semangat sportifitas dan profesionalisme selama mengikuti kegiatan, agar kegiatan ini, dijadikan sebagai wahana peningkatan kualitas iman kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, tutup Mokodongan.

Sementara, Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sulut dr Bahagia R Mokoagow MSi MKes, yang juga sebagai pengurus LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan 25 samapai 30 mei 2016 ini, hendaknya dijadikan sebagai wadah memupuk silaturahmi diantara sesama kalifah sekaligus meningkatkan solidaritas dan solidotas antar sesama komponen pembangunan bangsa di daerah tercinta ini.

Lanjut Mokoagow, Biro Kesra Setda Prov Sulut juga memberi dukungan untuk kegiatan MTQ ini, termasuk dari segi dana. “Dana sebagian besar dialokasikan Biro Kesra, ” tandasnya.

Dia juga menghimbau kepada para peserta/kafilah disetiap cabang dan golongan untuk memberikan kemampuan serta potensi terbaik.

“Nanti para pemenang MTQ tingkat provinsi ini akan diikutsertakan di tingkat nasional pada bulan Juli di Nusa Tenggara Barat, ” ungkapnya sembari menyampaikan Sekprov Ir Siswa R Mokodongan sebagai Ketua LPTQ Prov. Sulut.

Rencana kegiatan ini akan ditutup oleh Pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, yang sekaligus akan menyerakan hadiah, terang Mokoagow.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*