Rabu, 13 November 2019

Oehlers Imbau Manfaatkan Sampah Rumah Tangga

Julises Oehlersmanadoterkini.com, MANADO – Masyarakat Kota Manado diharapkan untuk menjadikan kebersihan sebagai bagian hidup sehari-hari. Pasalnya, dengan hidup bersih akan tercipta suasana kota yang sehat dan nyaman. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mengurangi produksi sampah dengan memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi barang yang bermanfaat.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Kota Manado Julises Oehlers SH, mengatakan, dengan produksi sampah yang mencapai 2500 kubik per hari, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo tidak mampu menampung sampah dari seluruh wilayah Kota Manado.

“Saya berharap masyarakat Kota Manado bisa memanfaatkan sampah rumah tangga untuk didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat. Dengan demikian, akan mengurangi produksi sampah yang masuk ke TPA Sumompo. Karena sekarang ini, TPA Sumompo tidak mampu lagi menampung sampah masyarakat dari seluruh wilayah Kota Manado,”ujar Oehlers.

Selain menjadikan Kota Manado bersih, daur ulang sampah rumah tangga menjadi produk kerajinan tangan, dapat menambah penghasilan bagi masyarakat.

“Kita tidak hanya menjadikan Kota Manado menjadi bersih, tetapi juga bisa menopang ekonomi keluarga dengan barang yang diproduksi dari sampah rumah tangga,”tandas Oehlers, seraya yakin jika masyarakat terus didorong untuk berkreasi mengolah sampah, Piala Adipura Kencana bisa diraih Kota Manado.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*