Jum'at, 13 Desember 2019

KPU Mitra Lakukan Pencegahan Soal KTP-e Palsu

Aske Benu

Aske Benu

manadoterkini.com, RATAHAN-KPU Mitra tidak mau kecolongan pada Pilbub 2018 nanti. Ketua KPU Aske Benu menyatakan, pihaknya akan menindaklanjuti imbauan Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan pencegahan peredaran Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) palsu.

Benu katakan bahwa,di Mitra sejauh ini belum ada indikasi kasus seperti itu,namun tidak menutup kemungkinan bila hal ini terjadi,otomatis akan mempengaruhi mekanisme pemungutan suara nantinya.

“Kita tahu bersama aturan mengatur dengan menunjukan KTP-e saja warga bisa melakukan pencoblosan. Karena itu di daftar pemilih tambahan,” kata Benu, Rabu (08/02).

Lanjut Benu, yang pasti pihak KPU sendiri secara rutin akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk menghindari kemungkinan kasus KTP-e palsu.

“Pasti ada koordinasi. Karena kita kan tidak tahu mana KTP-e asli dan palsu. Karena itu akan dipelajari bagaimana cara membedakan atau mengkategorikan KTP asli dan palsu,” ujar Benu.

Benu juga mengharapkan, supaya masyarakat wajib KTP-e segera melakukan perekaman. “Yang belum ada KTP-e dimintakan segera mengurus. Walaupun diketahui blanko KTP belum ada, tapi setidaknya jika sudah melakukan perekaman akan diberikan surat keterangan dari instansi terkait supaya itu menjadi pegangan yang sah bagi wajib pilih,” pungkasnya.(Jay)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*