Sabtu, 21 September 2019

Cap Go Meh Berlangsung Spektakuler, Mor : Ini Salah Satu Agenda Pariwisata Manado

Wawali Mor Bastiaan

Wawali Mor Bastiaan bersama Ketua Panitia Cap Go Meh 2017 Andrei Angouw

manadoterkini.com, MANADO – Prosesi hari suci Goan Siao yang dikenal dengan perayaan Cap Go Meh di kawasan Pecinan pusat Kota Manado, Sabtu (11/2/2017) merupakan salah satu agenda pariwisata tahun 2017 berlangsung spektakuler.

Ivent setahun sekali ini dibuka langsung oleh Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara mewakili Menteri Pariwisata.

Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan mewakili Walikota GS Vicky Lumentut, menuturkan ada hal-hal yang perlu diperhatikan kedepan dalam pelaksanaan ivent berskala nasional tersebut.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai ivent pariwisata nasional yang intinya dapat mendatangkan multipleyer efek bagi perekonomian masyarakat,”ucap Wawali Mor.

Ritual keagamaan umat Tri Dharma Kota Manado itu, merupakan salah satu agenda kegiatan pariwisata Manado tahun 2017 yang dilaunching Kementerian Pariwisata Republik Indonesia 21 November 2016 lalu di Jakarta. “Agenda pariwisata Manado tahun 2017 yang dilaunching Kementerian Pariwisata Republik Indonesia salah satunya adalah perayaan Cap Go Meh ini. Sehingga, Kota Manado saat ini kedatangan banyak turis khususnya dari Tiongkok,” ujar Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, yang hadir mewakili Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.

Lanjut Mor, iven-iven pariwisata Kota Manado tidak hanya budaya tetapi prosesi keagamaan dari seluruh agama yang ada di kota ini. “Puncak dari semua kegiatan pariwisata Kota Manado yakni Manado Fantastic yang digelar 1-10 September mendatang,” tuturnya.

Dimana, ada tujuh festival yang disebut F7 akan dilaksanakan, Festival FisCo (Fish and Coral) Festival Food, Festival Flying, Festival Fun music, Festival Fair, Festival Fashion dan Festival Faith. Ketujuh festival itu akan ditutup dengan Manado Thanksgiving atau pengucapan syukur se-Kota Manado yang melibatkan seluruh agama. “Saya mengajak mari kita sukseskan pariwisata Kota Manado,” tutur Wawali Mor.

(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*