Sabtu, 21 September 2019

Mahasiswa Unsrat Pamerkan Robot Nona Pinter Menari

 

manadomanadoterkini.com, SULUT - Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) jurusan tehnik elektro, memamerkan robot hasil karya mereka bernama Nona yang pinter menari di Stan Bekraf Developer Day (BDD) di Hotel Sintesa Peninsula Manado, yang dilaksanakan oleh Badan Ekonomi Kreatif, Sabtu (25/02/2017) kemarin.

Karya ini, menunjukan kreatifitas dibidang tehnologi putra-putri daerah Sulawesi Utara (Sulut) yang semakin menunjukan kemajuan yang luar biasa.

Kepada manadoterkini.com, seorang perancang robot Nona, Sofyan Kusuma mengatakan, robot Nona hasil rancangan mereka ini, sudah pernah menjadi juara 1 pada Kontes Robot Seni Tari Indonesia tingkat regional yang diadakan tahun 2016, oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat.

Kemudian pada tahun yang sama, pada bulan Juni, di Surabaya, Jawa Timur, berhasil memboyong piala dari Kementerian Riset, Tehnologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, dengan peringkat harapan.

“Kami sudah pernah menjuarai Kontes tingkat regional di UPI Bandung, selanjutnya pada tingkat Nasional di Surabaya, kami mendapat peringkat harapan dari ratusan peserta,” ungkap mahasiswa semester 6, jurusan tehnik elektro ini sembari mengatakan dalam mengikuti kontes tersebut mereka hadir satu tim, dan didampingi 6 dosen.

Dia pun menjelaskan, Robot ini dibuat oleh tim, yang jumlahnya 6 orang. Sementara untuk waktu pembuatannya kurang lebih 4 bulan.

“Tim kami berjumlah 6 orang, saya sendiri dan 5 teman, Sri rahayu saleho, Affi amira daniel, Karina kaloh, Austen kambey, Aaron kevin sidabutar, ” tuturnya pria berumur 19 tahun ini.

Sofyan menambakan, untuk tahun 2016 Unsrat mengikuti, 5 divisi dari total 6 divisi untuk kejuaraan ini, antara lain ; seni tari, pemadam api berkaki, pemadam api beroda, Sepak bola beroda, dan industri, sementara untuk divisi sepak bola berkaki belum diikuti.

“Untuk kontes tahun ini, khusus untuk divisi seni tari, kami akan menampilkan robot yang bernama Noni, semoga kami bisa memberikan yang terbaik, ” tuturnya.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*