Selasa, 23 Oktober 2018

Wow…Setiap Hari Ada Yang Menjanda Di Kota Manado

manadomanadoterkini.com, MANADO-Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado seringkali disebut sebagai Menado. Manado terletak di Teluk Manado, dan dikelilingi oleh daerah pegunungan. Kota ini memiliki banyak penduduk menjadikannya kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar. Kota yang religi memiliki catatan perceraian yang cukup tinggi.

Saat ditemui media Manadoterkini.com, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Julises Oehlers mengatakan, untuk tahun 2016 dan triwulan 1 tahun 2017 tak jauh beda, angka akte perceraian yang keluar 2016 mencapai angka 300, berbeda dengan data di pengadilan yang jauh lebih besar, sedangkan awal 2017, setidaknya 1 akte perceraian keluar setiap harinya.

“Tahun 2016 perceraian di pengadilan itu 600-an sedangkan yang datang kepada kami untuk dibuatkan akte perceraian hanya mencapai 300-an. Untuk triwulan 1 di tahun 2017 ini saja, per hari rata-rata ada 1 yang minta akte perceraian, bahkan bisa 2,” ujar Julises Kadis Disdukcapil.

Menurutnya, perbedaan data perceraian yang didapat antara Pengadilan dan Disdukcapil, bisa disebabkan ada beberapa hal, satu diantaranya karena belum diperlukan, mengingat pada beberapa kasus, pasangan yang telah bercerai bisa kembali lagi.

“Data yang ada pada kami dan pengadilan berbeda dikarenakan disana putusannya, disini yang mengeluarkan akte perceraiannya. Bagi yang belum mengurus akte mungkin saja karena belum diperlukan. Tapi ada juga kasus, setelah saya tanya ke staf, ternyata ada yang memutuskan untuk rujuk, jadi diurus suratnya,” pungkas julises Oehlers.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*