Senin, 22 Oktober 2018

Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Minsel Sosialisasi Program BSPS

Minsel perumahanmanadoterkini.com, AMURANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Minsel, Selasa (14/3) siang tadi bertempat do lantai IV Kantor Bupati Minsel mengelar sosialisasi program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS).

Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi mengatakan, pembangunan kesejahteraan sosial melalui pelaksanaan program BSPS yang dilaksanakan pemerintah saat ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan pembangunan daerah dan pembangunan nasional yang dilaksanakan secara terencana, terarah, bertahap dan berkesinambungan sesuai dengan kondisi dan potensi serta berbagai aspirasi masyarakat.

“Program tersebut adalah program dari kementerian PU dan Perumahan Rakyat dengan pemberian bantuan stimulan kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan tujuan, agar tersedianya rumah layak huni dengan lingkungan yang sehat khususnya bagi masyarakat kurang mampu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Minsel Samuel Setho Slaat ST MSi mengatakan, sesuai dengan UU pemerintah berkewajiban menyediakan sandang, pangan juga papan bagi setiap keluarga. Dan pemerintah ingin membuat setiap tahun satu juta rumah di seluruh Indonesia. Dan dari Kementrian PU dan Perumahan Rakyat akan memprogramkan sejumlah program yakni membangun rumah susun sewa untuk masyarakat yang ada di perkotaan, pemerintah akan menyediakan lahan untuk bangun rumah khusus atau rumah deret.

Dalam sosialisasi ini, Kementrian PU-PR akan memprogramkan juga rumah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Program ini berbentuk uang/bahan bangunan tapi stimulan dan teknisnya akan di atur oleh pemerintah pusat. Contohnya rumah-rumah yang belum selesai dibangun belum ada MCK, kamar mandi belum plester ambruk.

“Itu juga akan dibantu Pemerintah dengan dana Rp. 7.000.000 hingga Rp 15.000.000. Itu khusus bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah termasuk bagi keluarga satu rumah sudah ditempati tiga kepala keluarga. Dan bagi keluarga yang memiliki lahan yang sah dokumen tanah akan dibantu oleh pemerintah dengan dana 30.000.000 namun stimulant program kementrian PU-PR ini tujuannya agar masyarakat merasa sejahtera,memiliki rumah yang layak dihuni,” tandasnya.

Hadir dalam sosialisasi ini, para Camat, Lurah dan Hukum tua (Kumtua) yang ada di Minsel.(dav)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*