Rabu, 22 November 2017

Warga Perantauan Minta Tanggal Pengucapan Syukur Minsel di Majukan Tanggal 9 Juli

manadoterkini.com, AMURANG - Warga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang ada di perantauan meminta agar Pemkab dan para pimpinan Gereja di Minsel untuk memajukan tanggal Perayaan Pengucapan Syukur (PS) yang akan dirayakan pada tanggal 16 Juli 2017 mendatang untuk dimajukan pada tanggal 9 Juli 2017.

Seperti yang disampaikan oleh Jody Slaat salah satu warga Minsel yang tinggal di perantauan.  Menurut Dia, jika tanggalnya di majukan pada tanggal 9 Juli, banyak warga Minsel diperantauan akan pulang kampung.

“Apalagi, kalau PS dilaksanakan pada tanggal 9 Juli, pasti banyak warga Minsel yang akan pulang kampung untuk merayakannya, apalagi tanggal tersebut masih libur, jadi jika bisa harus dimajukan pada tanggal 9,” ujarnya.

Lanjut Dia, dan jika PS akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli. Pasti warga Minsel yang ada di perantauan tidak bisa pulang kampung untuk merayakannya.

“Jadi kami minta tanggal pengucapan harus tanggal 9 Juli, kasihan kami yang ada di perantauan yang ingin merayakan tidak bisa merayakan bersama keluarga jika itu akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli, sebab itu anak kami yang bersekolah sudah masuk sekolah, begitu juga kita yang bekerja, harus kembali masuk kerja,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Frangky Sarayar. Dirinya meminta agar PS Minsel kalau bisa dilaksanakan pada tanggal 9 Juli.

“Kami selaku warga Minsel yang ada diperantauan mengusulkan kepada Pemkab dan para pendeta agar tanggal PS Minsel dimajukan pada tanggal 9 Juli saja,” usulnya.

Selain itu, juga harus dikaji secara bersama dengan para tokoh-tokoh adat yang berada di Minsel, sabab itu sudah merupakan tradisi warga Minsel sejak dulu.

“Jadi kami meminta agar putusan dari Pemkab dan para pimpinan agama yang ada di Minsel rubah tanggal PS Minsel yakni tanggal 9 Juli dan bukan tanggal 16,” pintanya.

Diketahui, Pemkab Minsel yang dihadiri Asisten I Pemkab Minsel Drs Handrie Sondakh dan Kabag Kesra Robby Maxie Pattyranie bersama para Pendeta serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Minsel belum lama ini telah melakukan rapat, dan dari hasil rapat tersebut, untuk PS Minsel akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli mendatang.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*