Jum'at, 15 Desember 2017

Percantik Kota Manado, GSVL-MOR Pacu Pembangunan Jalur Hijau Boulevard

manadoterkini.com, MANADO - Harapan warga Kota Manado pada umumnya akan penyelesaian jalur hijau kawasan boulevard jalan Piere Tendean segera terealisasi.

bart assaPasalnya, program pembangunan area publik yang dijanjikan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE satu persatu mulai direalisasikan.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Peter KB Assa ST MSc PhD, mengatakan pembangunan jalur hijau menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Manado sebesar Rp3.769.000.000.

“Pembangunan jalur hijau ini telah lama direncanakan dan telah dilakukan pembebasan lahan. Sekarang ini dilakukan peletakan batu pertama pertanda dimulainya pekerjaan pembangunan jalur hijau,” jelas Assa.

Lanjutnya, pembangunan jalur hijau tahap pertama dengan panjang 230 meter dan lebar 11 meter, memberikan ruang yang nyaman bagi pengguna jalan termasuk kaum difable.

peletakan batu pertama oleh walikota Manado

Peletakan Batu Pertama oleh Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut SH Msi DEA

Dimana, selain trotoar juga akan dibangun jalur khusus sepeda, trotoar bagi mereka yang berkebutuhan khusus, parkiran dan taman.

“Pada jalur khusus sepeda akan dibangun drainase dibawahnya, termasuk ada tempat bagi PLN, Telkom dan PT Air untuk meletakan jaringannya dibawah tanah,” ujar Doktor lulusan Universitas Jepang.

Dirinya mengakui jika pembangunan jalur hijau di kawasan Jalan Piere Tendean bertaraf nasional. Meski demikian, pembangunan tersebut mengalami kendala karena masih ada lahan yang belum dibebaskan.

“Saya mengusulkan agar ada penambahan dana untuk pembebasan tanah pada APBD perubahan. Karena yang menjadi kendala bagi kami, masih ada beberapa bagian lahan yang belum dibebaskan, sehingga pekerjaan ini belum 100 persen selesai,” tandas mantan Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan) Kota Manado tersebut.

Tampak hadir dalam acara itu, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Utara KH Abdul Wahab Abdul Gafur, Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy Lengkong STh, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1309 Manado Letkol Arm Toar Pioh, serta para pejabat dilingkup Pemkot Manado.(aldi)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*