Rabu, 13 November 2019

Pemkot Manado Hadirkan Data Iklim Cuaca dan Gempa di Gadbless Park

mandoterkini.com, MANADO – Kerja Cerdas Walikota GS Vicky Lumentut mewujudkan Manado Kota Cerdas sunggu luar biasa. Lewat Dinas Komunikasi dan Informatika, GSVL terus menindaklanjuti kerjasama setelah penandatanganan MoU dengan BMK waktu lalu.manado

Berbagai terobosan ‘smart’ ditempuh Diskominfo Manado demi menyuguhkan informasi yang cepat, tepat dan akurat bagi warga Kota Manado.

Cerdas Command Center (C3) dibawah Diskominfo Manado bekerjasama dengan BMKG Sulut menghadirkan informasi publik berupa prakiraan iklim dan cuaca untuk Kota Manado yang ditampilkan secara realtime dan ditampilkan secara live melalui layar lebar videotron ditempat umum.

Kepala Dinas Kominfo Manado Erwin Kontu SH mengatakan, hadirnya videotron di Godbless Park adalah bentuk keseriusan Pemkot Manado dalam perwujudan cita cita menuju Kota Cerdas yang bisa memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat bagi warganya melalui kemajuan tekhnologi.

”Hadirnya Videotron di Godbless Park kawasan Jalan Boulevard, adalah bentuk kerjasama antara Pemkot Manado dalam hal ini Diskominfo Manado dan BMKG Sulut dalam memberikan informasi mengenai iklim dan cuaca di sekitar Kota Manado. Jadi warga bisa mendapatkan informasi yang real time mengenai cuaca, kelembapan udara dan suhu dari Pagi, Siang, Sore dan Malam,” jelas Kontu.manado

Kedepannya, Diskominfo Manado berencana akan memasang satu lagi Videotron di wilayah Kantor Walikota,Tikala, dimana Videotron tersebut akan berisikan segala bentuk informasi penting seputaran Kota Manado, seperti informasi cuaca dan iklim, informasi lalu lintas dan kemacetan, informasi harga pangan di beberapa pasar tradisional dan lain sebagainya.

“Kesemuanya itu terkoneksi ke Cerdas Command Center (C3),” tutup Kontu sambil berharap warga Kota Manado bisa memanfaatkan sebaik bainya segala bentuk fasilitas pemberi informasi dari Pemkot Manado dengan benar serta turut ikut menjaga fasilitas imformasi publik milik Pemkot Manado dan rekanan kerjanya.

Terpisah, Kapala Bidang Persandian Noldy Kilapong SE, yang adalah aktor dibalik adanya vidiotron tersebut, mengakui adanya alat dari BMKG itu hasil tindaklanjut MoU Walikota GSVL dengan pihak BMKG di Jakarta waktu lalu.

“Videotron ini menampilkan juga data dan Informasi Gempa Bumi yang teraktual, lokasi gempa, kedalaman, magnitude bahkan sampai potensi akan kemungkinan terjadinya tsunami. Ini tindaklanjut dari MoU Walikota GSVL dengan BMKG, ujar Kilapong sembari menyebutkan terus melakukan kerjasama dengan BMKG termasuk lembaga sandi negara.(mlz)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*