Rabu, 18 Juli 2018

Hindari Pemborosan Anggaran, Tulenan Usulkan Penghapusan Aset

tulenanmanadoterkini.com, MANADO – Banyaknya kendaraan dinas milik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado baik roda dua maupun roda empat yang kini dalam keadaan rusak berat maupun rusak ringan diusulkan untuk dilakukan penghapusan aset.

Kepala Bagian Perlengkapan Setda Kota Manado Meidy Vanda Tulenan yang ditemui di ruang kerjanya memaparkan, pihaknya sudah mengusulkan agar nantinya kendaraan rusak yang sudah tidak digunakan lagi agar dilakukan penghapusan aset.
“Ini bertujuan untuk pembenahan aset serta penghematan anggaran,” tuturnya.

Vanda memaparkan, berdasarkan temuan saat pemeriksaan kendaraan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, ada puluhan kendaraan yang kini dalam keadaan rusak berat dan tidak digunakan lagi.

“Sudah menumpuk sejak beberapa tahun lalu karena belum pernah dilakukan penghapusan aset. Padahal, sesuai aturan yang berlaku, penghapusan aset kendaraan bisa dilakukan minimal sudah tujuh tahun dalam keadaan rusak atau tidak terpakai,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya lagi, saat ini ada sekira 74 kendaraan dinas termasuk kendaraan pinjam pakai milik pemkot yang digunakan oleh beberapa instansi terkait. Aset-aset tersebut telah dilakukan uji petik dan diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

“Minggu kemarin bersama BPK RI Wilayah Sulut kami telah melaksanakan pemeriksaan rutin termasuk pemerik¬saan kelengkapan surat-surat kendaraan maupun fisik dari kendaraan tersebut,” pungkasnya. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*