Rabu, 11 Desember 2019

Awal April Pendaftaran Calon Sekdakab Minsel Dibuka

manadoterkini.com, AMURANG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) segera menggelar rekrutmen Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) pada Awal April atau pekan depan, tahapan seleksi dipastikan dimulai.

Panitia seleksi (Pansel) sudah dibentuk untuk menjaring figur pengisi jabatan tertinggi di level ASN Minsel menggantikan Drs Danny Rindengan MSi yang akan memasuki usia pensiun.

“Rekomendasi Komisi ASN terkait Pansel calon Sekdakab Minsel sementara diurus, mudah-mudahan sudah selesai,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minsel Drs Roy F Tiwa kepada manadoterkini.com.

Menurut Tiwa, direncanakan pekan ini rapat perdana Pansel calon Sekdakab sudah dilakukan. Dalam rapat ini akan dibahas mengenai tahapan, mekanisme dan persyaratan tambahan.

Dia juga mengatakan, tahapan seleksi calon Sekdakab bakal cukup panjang. Setidaknya, ada enam tahapan yang dilakoni selama penjaringan. Mulai dari seleksi administratif, uji kompetensi, fit and proper test, tes kesehatan, dan sebagainya.

“Semua proses dalam tahapan ini ditangani oleh Pansel yang memakan waktu satu hingga dua bulan. Kemudian, dari semua proses seleksi tersebut ditargetkan ada tiga nama terpilih,” katanya.

Selanjutnya, tiga nama terpilih diserahkan ke Bupati sebagai pejabat pembina kepegawaian untuk diusulkan ke Gubernur. “Ini dilakukan karena Sekdakab diangkat berdasarkan SK Gubernur,” jelasnya.

Dia memastikan seleksi bakal dimulai awal April nanti dengan membuka pendaftaran selama 15 hari. Sambil pendaftaran jalan, bersamaan seleksi dan verifikasi berkas juga jalan. Jika sesuai jadwal, diperkirakan hasil seleksi sudah bisa ditentukan awal Agustus dan pada akhir Agustus atau awal September sudah ada nama Sekdakab terpilih,” tukasnya.

Meskipun akan digelar terbuka, namun dipastikan rekrutmen akan memberi ruang lebih kepada birokrat yang mengenal baik daerah Minsel.

“Sesuai intruksi bupati, mungkin akan ditambahkan syarat calon Sekdakab yakni pernah menjadi pejabat di lingkungan pemerintahan Minsel. Tapi ini nanti akan dibicarakan dalam rapat Pansel,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*