Rabu, 26 September 2018

KPK Beberkan Potensi Terbesar Korupsi di Pemprov Sulut

sulutmanadoterkini.com, MANADO - Ketua Tim Pencegahan Korupsi dan Sumber Daya Alam Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Dian Patria, Rabu (25/4/2018) membeberkan potensi terbesar korupsi yang ada di Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Dian Patria potensi rawan korupsi itu ada di sektor pajak pendapatan. Bahkan dia menegaskan besaran korupsi lebih tinggi di sektor penerimaan dari pada pengeluaran.

“Sederhananya kita tahu mana yan tidak bayar pajak tetapi tidak ditagih, atau ditagih tapi tidak masuk ke negara, jadi kita minta datanya dulu, dibuka datanya kepada KPK, kita urut dan kita tagih bersama-sama,” ujar Patria kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulut.

Sektor pajak tersebut menurut Dian Patria memiliki potensi korupsi sangat besar seperti yang terjadi di DKI Jakarta yang ditemukan KPK hingga lima triliun atau lima ribu milliar rupiah pada tahun lalu.

“Di Manado bisa jadi, saya tanya ada berapa banyak hotel disini, ada berapa banyak restoran disini, denga banyaknya turis hotel baru bermunculan, itu benar-benar sudah dipantau belum, ada data wajib pajaknya, sertapendiriannya, nah itu kita mau dibuka, dikunci, kalau tidak patuh PTSP jangan dikasih naik lagi, tidak diberikan layanan, kira-kira begitu,” jelas Dian Patria.

Lebih lanjut Dian Patria mengatakan hal itu adil dimana negara memberikan hak, ijin sebaliknya kewajibannya membayar pajak ditunaikan.

“Saya yakin, potensi itu (korupsi di pajak) masih besar, selama ini pajak yang besar-besar kenapa tidak ditagih yah, atau kalau di tagih oleh oknum (tapi) tidak masuk ke negara, ada juga main-main kong kalingkong,” tutur Dian Patria. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*