Senin, 17 Desember 2018

Dinkes Minsel Genjot Program Indonesia Sehat

manadoterkini.com, AMURANG-Program Indonesia Sehat (PIS) terus digenjot di Kabupaten Minsel. Sejumlah program unggulan direalisasikan Dinas Kesehatan (Dinkes) demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kepala Dinkes dr Erwin Schouten mengungkapkan, setiap program dievaluasi secara intensif produktivitasnya. Menurut dia, monitoring dan evaluasi sudah sampai tahap sosialisasi dari empat tahapan yang akan dilewati.

“Fokus kita tentu untuk mencapai program Nawacita ke-5 yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia. Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, itu yang jadi acuan kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dia mengatakan, program tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan pendekatan keluarga. Olehnya, petugas kesehatan terdekat seperti puskesmas diminta mendatangi langsung keluarga di wilayah kerjanya

“Kenapa keluarga, Karena Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti Pembangunan Kesehatan sesuai UU 36 tahun 2009,” jelasnya.

Selain itu, dalam pelaksanaaan program telah disepakati adanya 12 indikator utama untuk penanda status kesehatan sebuah keluarga.

“Berdasarkan indikator tersebut, dilakukan penghitungan Indeks Keluarga Sehat dari setiap keluarga. Hasil perhitungan IKS tersebut, selanjutnya dapat ditentukan kategori kesehatan masing-masing keluarga,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*