Kamis, 18 Oktober 2018

Pemprov Berang, Kementerian Perhubungan Turunkan Kelas Pelabuhan Bitung

manadomanadoterkini.com, SULUT - Kabar mengejutkan disampaikan Asisten I Pemprov Sulut, Edison Humiang terkait status Pelabuhan Kota Bitung yang diturunkan kelasnya.

Menurut Humiang pada rapat bersama Tim Ahli Kantor Staf Presiden di Ruang Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Jumat (12/10/2018) menyayangkan status otoritas pelabuhan atau Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Bitung turun kelas dari kelas I ke kelas II.

“Ini sangat mengagetkan, karena ini kontradiktif disaat (Pelabuhan) Bitung ditetapkan sebagai salah satu International Hub Port (IHP)┬ádi negara kita, kedua Bitung juga telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).”

“Nah Kawasan Ekonomi Khusus harus sejalan pararel dengan International Hub Port nah untuk menetapkan itu (IHP dan KEK) seperti aspek geografis, ekonomi dan lainnya yang tidak ada di daerah lain. Karena itu bukan saja untuk kepenting Sulawesi Utara tapi kepentingan Indonesia,” jelas Humiang.

Oleh karena itu lanjut Humiang, pohaknya akan menyurat ke kementrian terkait akan hal ini. Sehingga penurunan kelas di Pelabuhan Bitung dapat kembali seperti semula. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*