Senin, 25 Maret 2019

Wali Kota Bitung Buka Festival Tangkoko

 manadoterkini.com, BITUNG – Pemerintah Kota Bitung dibawah kepemimpinan Maximiliaan J Lomban, SE MSI selaku Wali Kota dan Ir Maurita Mantiri, MM selaku Wakil Wali Kota menggelar Festival Tangkoko. Pelaksanaan kegiatan ini sendiri berlangsung 20 – 21 Februari 2019.

bitungSebelum dibuka Wali Kota, Dr Audi Pangemanan selaku Sekretaris Daerah Kota Bitung juga sebagai ketua panitia menyampaikan laporan panitia.

“Kegiatan ini bertujuan menjadikan kampung Wisata yang berbasis konservasi. Sebelumnya panitia sudah melaksanakan worshop Lingkungan Hidup, Seni dan Budaya. Tetapi juga nantinya ada Pameran Photograpi, Konser Music Alam, Pameran Karya, Eksebisi kuliner tradisi ramah lingkungan dan Peresmian Monumen Alfred Russel Wallace,” ujar Pangemanan.

bitungSementara itu Wali Kota Bitung Max Lomban dalam sambutannya menjelaskan tentang diadakannya Festival Tangkoko. Menurutnya Festival ini merupakan monentum dan Tangkoko hanya aoda di Kota Bitung.

“Tangkoko cuma ada disini (Kota Bitung, red) dan juga ini sebagai momentum. Tahun 1919 undang undang tentang cagar alam ditetapkan pemerintah Hindia Belanda. Pemerintah Hindia Belanda menetapkan 50 cagar alam, dan salah satunya cagar alam gunung Tangkoko. Tepatnya 21 februari 2019 merupakan peringatan 100 tahun cagar alam gunung Tangkoko,” ujar Lomban.

manado

Lajutnya, tepat tanggal 21 besok kita akan meresmikan juga Monumen Alfred Russel.

Dalam patung nantinya akan ada chip sehingga ketika ada turis yang ingin mensearch dimana patung Russel maka akan dapat dan disini tempatnya.

“Oleh sebab kita harus memanfaatkan cagar alam ini sebagai destinasi wisata. Tetapi juga bagaimana kita mencintai lingkungan, hutan akan terus terjaga,” katanya sembari mengajak masyarakat untuk terus bersama sama menjaga hutan.

manado

“Mari bersama sama kita menjaga hutan ini agar kedepan juga ada kontribusi buat kita, tetapi juga buat dunia. Tidak semua daerah seperti Bitung yang punya pulau, selat, laut cagar alam. Kita syukuri semuanya itu. Jadi mari jaga sekaligus memanfaatkan hutan,” tandasnya

Lomban juga dalam sambutannya sempat mengapresiasi Kepala Sekolah Lingkungan Dra Khouni Rawung, MSI yang sudah mempersembahkan penampilan dari para anak anak Sekolah Lingkungan dan telah mengambil bagian dalam kegiatan ini. (REFLY/Advetorial)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*