Vicon Dengan Sejumlah Menteri, Bupati Minsel Terima Arahan Ini

Minselmanadoterkini.com, AMURANG-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE bersama dengan jajarannya menerima arahan langsung dari Menkopolhukam, Mendagri, Menkeu, Mensos, Mendes dan DPTT, Menko Perekonomian, Menko Kemaritiman, Menaker dan Ketua Gugus Tugas Covid-19, serta para Gubernur, Bupati dan Walikota se- Indonesia melalui vidio conference (vicon) Kamis (9/4/2020).

Rapat yang membahas tentang kebutuhan daerah dalam bidang kesejahteraan masyarakat, Keselamatan Masyarakat, dalam menunjang industri, tenaga kerja, serta usaha – usaha kecil yang ada di daerah, dan lain sebagainya dalam pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19.
Kementerian Kabinet Kerja, khususnya dibawah koordinator bidang perekonomian telah banyak mengeluarkan aturan atau regulasi yang dapat dijadikan pedoman pemerintah daerah untuk membuat dan mengatur kebijakan dibidang perindustrian, perdagangan, dan pangan sesuai kebutuhan daerah.
Dia menambahkan bahwa terkait dengan dunia usaha, pemerintah telah mengeluarkan paket stimulus ekonomi untuk penanggulangan Covid-19 dalam rangka economic recovery, namun dalam perjalanannya terkendala dengan kebijakan pemerintah daerah yang melakukan pembatasan aktifitas sosial dan ekonomi namun tidak terkoordinasi dengan baik.
“Jadi disini perlu sinkronisasi antara kebijakan stabilitas ekonomi nasional dengan kebijakan aktifitas sosial ekonomi di daerah,” ujar bupati usai mendengarkan arahan dari sejumlah menteri.
Dari sisi ketenagakerjaaan, Menteri Tenaga Kerja mengemukakan bahwa, saat ini pandemic Covid-19 sangat mempengaruhi ketersediaan lapangan kerja yang berdampak pada meningkatnya angka pengangguran. Jadi saat ini, penciptaan lapangan kerja lebih diarahkan kepada pemberdayaan Balai Latihan Keterampilan Kerja. melalui BLK ini nantinya dapat dihasilkan keperluan perlengkapan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini, seperti memproduksi masker, APD dan lainnya.
Sementara itu, sesuai arahan, Bupati langsung memberikan petunjuk kepada jajarannya yakni Pemkab Minsel akan memberikan bantuan beras kepada 18.000 kepala keluarga di minsel kecuali keluarga yang sudah menerima bantuan PKH dan BNTT.(dav)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan