Dikda Sulut Bangun SMK Pariwisata Unggulan Berbandrol 58 M

manadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berhasil melobi pemerintah pusat untuk membangun sekolah Pariwisata unggulan di Sulut.

Hal itu dibuktikan dengan peletakan batu pertama pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri Pariwisata Manado yang diagendakan hari ini, Selasa (25/8/2020) oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw yang dibangun dengan anggaran total sebesar 58 milliar rupiah.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Sulut dr Grace Punu pembangunan SMK Pariwisata Unggulan di Lokasi Pameran Kayuwatu ini merupakan hasil lobi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey kepada pemerintah pusat melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Untuk anggaran fisik tahap awal ada sebesar 3.5 milliar nanti sisa sebesar 6 milliar. Diharapkan juga kedepan akan dibangun hotel, kolam berenang, asrama di lahan seluas 3.1 hektar sebagai sarana prasarana SMK dengan total anggaran sebesar 58 milliar,” jelas Grace Punu di lokasi pembangunan.

Lanjut Punu nantinya SMK ini akan menjadi SMK unggulan pariwisata di Sulut. Dengan adanya SMK Pariwisata, Sulut akan siap dengan SDM penunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Sulut yang berpusat di Minahasa Utara.

“Awalnya ada tujuh daerah yang mengajukan rencana pembangunan SMK tersebut, namun hanya dua daerah yang lolos yaitu Sumatera Utara dan Sulawesi Utara sendiri. (Rizath)

Dikda Sulut Pemprov Sulut SMK Pariwisata

Posting Terkait

Tinggalkan pesan