Rute Penerbangan ke Sangihe dan Talaud Tetap Diperhatikan Pemprov Sulut

OD-SK

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Sulut Steven Kandouw

manadoterkini.com, SULUT – Pelayanan transportasi udara dan laut di daerah terluar di Sulawesi Utara, terus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi dibawa kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania kepada manadoterkini, Senin (14/9/2020).

“Pak Gubernur Olly Dondokambey terus berkomitmen meningkatkan pelayanan transportasi untuk membantu masyarakat dapat melakukan kegiatan ekonomi apalagi pada masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal,” jelas Lynda Watania.

Lynda mengakui salah satu yang mengalami tekanan dimasa pandemi Covid-19 secara signifikan adalah disektor transportasi udara, untuk itu koordinasi antar sektor telah dilakukan oleh Pemprov Sulut agar transportasi udara dapat pulih kembali, termasuk di daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Lynda menuturkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Otoritas Bandara (Otban) 8 Manado Edison Saragih terkait pelayanan transportasi udara di Talaud dan Sangihe.

Begitu juga sesuai hasil koordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan udara Kementerian Perhubungan, telah memberikan perpanjangan persetujuan rute penerbangan dalam negeri kepada PT. Wings Abadi untuk beroperasi di Sulawesi Utara (Sangihe dan Talaud) dengan menerbangi Manado-Naha (pp) 7x/minggu, Manado-Melounguane (pp) 7x/minggu, dan Melounguane-Miangas (pp) 1x/minggu di periode summer 2020.

Hanya saja Lynda mengakui, dimasa pandemi Covid-19 ini memang terjadi penurunan jumlah penumpang yang menyebabkan ketiga rute tersebut belum setiap hari diterbangi.

Namun pemerintah tetap meminta operator untuk memberikan pelayanan terbaik dan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan ada pembatasan operasional secara bertahap di sektor transportasi udara.

“Kedepan juga, lewat pak Gubernur Olly Dondokambey telah berusaha agar penerbangan ke daerah terluar seperti Talaud dan Sangihe mendapat prolioritas subsidi dari pemerintah pusat,” ujar Lynda Watania.

Untuk itu Lynda berharap agar keadaan ekonomi bisa secepatnya pulih kembali, sehingga sektor transportasi udara dapat beroperasi di era new normal dengan selamat, aman, nyaman dan sehat. (*/Rizath)

Covid 19 Daerah Terluar Kepala Dinas Perhubungan Sulut Lynda Watania Sulut

Posting Terkait

Tinggalkan pesan