Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Sebelum berlayat alat keselamatan kapal diperiksa rutin Dishub Manado

×

Sebelum berlayat alat keselamatan kapal diperiksa rutin Dishub Manado

Sebarkan artikel ini
dishub manado
Kadishub Manado Michael Tandirerung dan Sekdishub Moody Monareh rutin memantau transportasi laut di Kalimas.

manadoterkini.com, MANADO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado melalui Bidang Perhubungan Laut terus melakukan pemeriksaan rutin alat keselamatan kapal dan manifes penumpang sebelum keluar dari Pelabuhan Kalimas, Kelurahan Calaca.

Kepala Dishub Manado Michael Tandirerung pun meminta agar seluruh perlengkapan dan peralatan keselamatan berlayar harus dipenuhi setiap kapal.

“Semua perahu yang keluar, saya minta agar kelengkapan keselamatan berlayar harus dipenuhi, termasuk baju pelampung. Ini sejalan dengan instruksi dari pak Menhub,” ujarnya.

Dikatakannya, satu persatu kapal penumpang yang hendak berlayar diperiksa. Hal yang diperiksa di antaranya ketersediaan life jacket, dokumen surat kapal, dan manifest penumpang kapal.

”Kita cek satu per satu yang hendak berlayar, terutama masalah standar keselamatan berlayar yang meliputi kelengkapan surat kapal, ketersediaan alat keselamatan baju pelampung (life jacket). Jumlah penumpang juga tidak boleh melebihi kapasitas dan memperhatikan kondisi cuaca,” tegasnya.

Pemeriksaan alat keselamatan kapal itu juga, kata dia, dikoordinasikan dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado.

“Selaku instansi berwenang yang mengeluarkan Surat Izin Berlayar,” tukas Tandirerung. (*/malz)