Sulut Jadi Pilot Project Role Model Program Membumikan Pancasila se-Indonesia

manadoterkini.com, SULUT – Kinerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpolda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendapat apresiasi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) atas program Membumikan Pancasila di Sulawesi Utara.

Hal itu disampaikan Dr Ani Purwanti SH M.Hum Plt Deputi Bidang Hukum Advokasi dan Pengawasan Regulasi saat berkunjung di Kantor Kesbangpol Sulut.

“Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sangat serius Mengikuti Kegiatan – Kegiatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di 5 tahun terakhir ini dan bahkan kegiatan terakhir pada tanggal 1 Juni 2020, dimana pak Gubernur Olly Dondokambey melaunching assesment kader bela negara ditanggal 1 Juni 2020 yang diikuti oleh 5.000 peserta assessment dan secara serentak lewat webinar.”

Oleh karenanya Ani Purwanti merekomendasikan Tahun 2021 menetapkan Sulawesi Utara menjadi Pilot Project “Role Model Provinsi Se-Indonesia dalam Program Membumikan Pancasila”.

“Ini sangat luar biasa bagi kami dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengapa? Karena disaat pandemi Covid’19 dengan konsep webinar dan mengutamakan protokol kesehatan, partisipasi masyarakat mengikuti sangat luar biasa dalam membumikan Pancasila,” tambah tambah Kasubdit Pelembagaan dan Rekomendasi pada Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi
Jackson Simamora.

Untuk itu Ani Purwanti mengharapkan agar kinerja Kesbangpolda Sulut dan instansi terkait termasuk para kepala sekolah, pimpinan Universitas dan tokoh agama dan tokoh masyarakat serta LSM dapat terus berkontribusi dalam membumikan pancasila.

Pada kesempatan dialog bersama Kaban Kesbangpolda Sulut Steven Liow, BPIP mengucapkan banyak terima kasih atas atensi rekomendasi dan evalusi program dari BPIP.

“Ini sesungguh adalah komitmen pemimpin daerah Provinsi Sulawesi Utara, karena begitu konsisten dan komitmen dalam menjaga keutuhan bangsa dan ideologi Pancasila,” tutur Ani Purwanti.

“Pak Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE Kandidat Penerima Penghargaan Dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Tahun 2021,” tutup Ani. (*/Rizath)

Kesbangpol Pemprov Sulut

Posting Terkait

Tinggalkan pesan