Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemprov Sulut Lakukan Inovasi Unit Layanan Administrasi Konektivitas Jejaring

×

Pemprov Sulut Lakukan Inovasi Unit Layanan Administrasi Konektivitas Jejaring

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey diwakili Asisten III Pemprov Sulut A. Gemmy Kawatu melakukan Soft Launching Proyek Perubahan “ULA KRING”, “GBUla”, dan ULA BOOST, di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur Sulut, Jumat (17/9/2021).

Dalam sambutan Gubernur Olly Dondokambey yang dibawakan oleh Asisten III Asiano Gemmy Kawatu, memberikan apresiasi kepada Pejabat Administrator dan Pengawas Pemprov Sulut yang telah berinovasi dan mengembangkan Unit Layanan di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Momentum ini menjadi kebanggaan kita semua, bagi Pemprov Sulut, karena secara serentak 3 (tiga) buah inovasi proyek perubahan diperkenalkan secara bersamaan,” tuturnya.

Inovasi-inovasi tersebut menjadi pelengkap upaya kita bersama dalam mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi publik di lingkup Pemprov Sulut, sehingga menciptakan pelayanan yang efektif, efisien, ekonomis, mudah dan transparan.

“Saya berharap, kiranya ketiga inovasi ini akan secara konsisten dilakukan dan berkelanjutan. Agar dapat berperan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan turut mendukung visi Sulut, Maju dan Sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik,” tukasnya.

Dalam kesempatan, Asisten III juga memberikan apresiasi kepada BPSDM yang memaksa para peserta untuk siap berinovasi, mengaplikasikan proyek perubahan dari pelatihan PIM.

Untuk itu dirinya berharap agar peserta PIM dapat mengaplikasikan proyek perubahan ini dan berkesinambungan mengoperasikan aplikasi ini demi kebaikan bersama.

Terkait dengan Road Map ASN 2024, ASN melek IT, Kawatu berharap agar para ASN terus melakukan kemajuan.

“Kita tidak bisa melawan kemajuan. Kita harus bisa berkawan dengan kemajuan, agar kita tidak ditinggalkan oleh kemajuan itu sendiri,” ungkapnya.

Olehnya dibutuhkan kecepatan, ketepatan dan presisi yang harus dilakukan.

“Menjadikan digitalisasi dalam proses pemerintahan itu sebagai sesuatu yang harus dilakukan dalam menghadapi perkembangan zaman,” tandasnya.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Biro Umum Setda Prov. Sulut dalam rangka peluncuran aplikasi yang dibuat oleh Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I Tahun 2021.

Dalam kesempatan tersebut secara berurut peserta PKA dan PKP mempresentasikan aplikasi masing-masing ULA KRING (Unit Layanan Administrasi Konektivitas Jejaring) yang dibuat oleh Kabag. Tata Usaha, Biro Umum Setda Prov, Alfrets Owu, merupakan layanan administrasi dengan menerapkan tanda tangan dan paraf elektronik yang telah melalui proses Balai Sertifikasi Elektronik/ Badan Siber dan Sandi Negara (Bsre/BSSN), serta layanan disposisi secara digital yang terintegrasi dan terkoneksi ke semua unit kerja di Pemprov. Sulut.

GBU (Guest Book Ula) yang dibuat oleh Kabag Rumah Tangga, Biro Umum Setda Provinsi Sulut Ni Luh Putu Ani Cahyani, merupakan digitalisasi buku tamu dengan menerapkan Scan QR Code bagi tamu/Undangan pada suatu kegiatan, yang dilakukan secara mandiri dengan menggunakan “Smartphone”.

ULA BOOST (Unit Layanan Administrasi Building Operational Online System of Rent) yang dibuat oleh Kasubag Penggunaan, Pengamanan dan Pemeliharaan Aset, Biro Umum Setda Provinsi Sulut Rezha Ekasaputra Jonas, merupakan layanan administrasi berbasis aplikasi dengan maksud memberikan kemudahan akses kepada semua orang terkait pemanfaatan gedung/kantor.

Peluncuran ini disaksikan langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Sulut dan Kepala Biro Umum Setda Provinsi Sulut.

Sebelumnya, Karo Umum Setda Provinsi Sulut Clay Dondokambey selaku Mentor, dalam laporannya memberikan apresiasi kepada para “project leader” atas inovasi yang diciptakan untuk menjawab tantangan, menghadapi era industri 4.0.

“Launching ini bukan semata persyaratan dalam menempuh pendidikan PIM, tapi juga untuk menjawab tantangan kerja dan pemenuhan pelayanan publik yang semakin berkualitas bagi kemajuan daerah,” ucapnya.

“Ini juga merupakan wujud sinergitas dari segenap komponen yang ada di Biro Umum,” sambungnya.

Turut hadir secara virtual, seluruh Sekretaris Perangkat Daerah dan pejabat yang menangani Ketatausahaan di lingkup Pemprov Sulut. (*/Rizath)