Kaledoskop Unsrat Tahun 2021

Kaledoskop Unsrat Tahun 2021

Rektor Unsrat Resmikan Gedung “Wale Sam Ratulangi”

unsratmanadoterkini.com, SULUT – Jumat, 5 November 2021, Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA akhirnya meresmikan Wale Sam Ratulangi” dalam momentum HUT Kelahiran Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi.

Ellen Kumaat pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi komunitas akademik Universitas Sam Ratulangi menyaksikan Peresmian Wale Sam Ratulangi di tengah momentum HUT Kelahiran Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi.

“Filsafatnya yang terkenal luas (“si tou timou tumou tou”) telah menjiwai penyelenggaraan Tridharma di perguruan tinggi tercinta ini. Kita semua baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan orang lain.”

“Tentu kita tidak sekedar meminjam dan mencantumkan nama semata. Lebih jauh lagi, kita semua diwariskan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat beliau yakni mengarahkan kehidupan yang berproses secara terus-menerus mencapai kehidupan yang semakin berkualitas.

Lanjut Ellen Kumaat “Si Tou Timou” menunjukkan manusia yang tidak statis, tetapi terus berkembang. Sementara makna lainnya bahwa kesetaraan dalam hal apapun termasuk etnis dan gender.

“Selanjutnya makna “Tumou Tou” atau Menjadi Orang” menunjukkan manusia yang seutuhnya atau berintegritas, bukan boneka yang bisa dikendalikan atau mudah terhanyut oleh arus-arus yang tidak jelas,” tegas Kumaat.

Rektor berharap, kedepan Wale Sam Ratulangi akan terus dimanfaatkan untuk saling membangun dan saling menghargai sebagai bentuk kristalisasi nilai-nilai yang bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah Tou Minahasa yang penuh toleransi dan terbuka terhadap berbagai perubahan positif.

Sementara itu cucu dari anak ketiga Sam Ratulangi yang hadir Thor Sutan Assin dalam sambutannya mengatakan bahwa Filsafat Si Tou Timou Tumou Tou menjadi fondasi dari kehidupan untuk manusia dan kita semua.

“Keluarga besar mengucapkan sangat banyak terima kasih atas segala peringatan hari ulang tahun Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi, dan juga di abadikan di universitas ini,” jelasnya

Thor Sutan Assin berharap, keberadaan gedung ini bisa meneruskan dan membawa spirit Opa Sam bagi kita semua dalam meneruskan cita-cita memanusiakan manusia lain bagi seluruh masyarakat Sulawesi Utara dan juga Indonesia guna mencerdaskan anak bangsa.

Unsrat Gelar Nyong dan Noni 2021

unsratSabtu 6 November 2021
Darryel Welkis dan Velistasya Sumarauw resmi menyandang gelar Nyong dan Noni Unsrat 2021.

Gelar itu disandang setelah Darryel yang merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Velistasya mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis terpilih dalam Malam Final Pemilihan Nyong dan Noni Unsrat 2021.

Sherwin juga mengatakan, tahun ini, penyelenggaraan pemilihan Nyong dan Noni Unsrat menganggkat tema “Mewujudkan mahasiswa Unsrat yang berwawasan Iptek, berkarakter budaya dan berkepribadian Pancasila untuk Unsrat yang unggul dan berbudaya”.

PIMNAS ke-34 Universitas Sam Ratulangi Berhasil Membawa Pulang Medali Perak

unsratmanadoterkini.com, SULUT – Sementara itu ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 yang baru saja usai Universitas Sam Ratulangi berhasil membawa pulang medali perak.

PIMNAS sendiri merupakan muara dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dimana karya-karya terbaik mahasiswa Indonesia ditampilkan.

Ada 108 Perguruan Tinggi dan Sekitar 700 Tim dari Berbagai Universitas di Indonesia berlaga dalam ajang PIMNAS ke-34 ini, 4 diantaranya merupakan utusan dari Universitas Sam Ratulangi.

Dari 4 Tim UNSRAT yang berhasil lolos ke PIMNAS-34 satu diantaranya berhasil membawa pulang Medali Perak untuk Universitas Sam Ratulangi.

Tim ini merupakan Tim PKM-RE (Riset Eksakta) dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan Ketua Tim Aulya Rizki H. Paijo bersama rekan-rekan timnya Rebecca Teisha Indriawan, Marsel Refanli Karisoh, Adinda P.M Susmantoyo dengan Dosen Pembimbing Prof.Dr.Edi Suryanto, M.Si, tim ini mengangkat judul “Kemampuan Ekstrak Sekuensial Daging Buah Pala Sebagai Agen Hipoglisemik Untuk Penyerapan Glukosa Darah”.

Tim ini berhasil memperoleh medali pada Kategori Poster.  Dari 108 Perguruan Tinggi yang berlaga dalam ajang ini, hanya 35 perguruan tinggi yang berhasil meraih medali salah satunya Universitas Sam Ratulangi yang berada di urutan ke-28.

Tahun ini merupakan ketiga kalinya Universitas Sam Ratulangi masuk ke Peta PIMNAS, dan membuahkan hasil yang sangat membanggakan.

Universitas Sam Ratulangi sangat berbangga atas pencapaian ini, untuk itu ada berbagai reward yang diberikan kepada para mahasiswa juga dosen pendamping sebagai wujud rasa bangga atas kesuksesan yang telah dicapai, kata Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA.

Unsrat Lakukan Wisuda Pertama Sejak Pandemi COVID-19

unsratKamis 11 November 2021 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) akhirnya bisa melaksanakan Wisuda pertama sejak pandemi 2020 lalu.

Dalam sambutannya, Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA mengatakan jika hal tersebut dilakukan secara Luring Terbatas Sejak Bulan Maret tahun 2020.

Pelaksanaan wisuda kali ini dilaksanakan bersamaan dengan datangnya kabar gembira bahwa Unsrat meningkat dari Akreditasi A menjadi Akreditasi Unggul.

Sampai saat ini sebanyak 12 program studi telah terakreditasi Unggul yaitu : S1 Teknik Pertanian, S1 Biologi, S1 Peternakan, S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Ilmu Kelautan, S1 Budidaya Perairan, S1 Ilmu Perairan, S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, S1 Arsitektur, S1 Teknologi Hasil Perikanan.

“Mengakhiri masa kerja saya sebagai Rektor Unsrat selama 8 tahun (2 Periode, red) dalam kerendahan hati saya menerima hal-hal ini sebagai anugerah,” ujar Kumaat.

Selanjutnya Rektor berpesan kepada para wisudawan, belajarlah dengan siapapun juga, perkaya pengetahuan, tingkatan pengalaman dan lengkapi diri dengan New Skills agar semua mampu merespon semua perubahan.

“Keberhasilan ini menjadi awal dan pintu gerbang bagi keberhasilan besar dimasa – masa mendatang,” harapnya.

Unsrat dan Polri Teken MoU

unsratKamis 11 November 2021,
Universitas Sam Ratulangi dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sepakat teken kerja sama yang dituangkan melalui Memorandum of Understanding (MoU).

MoU ditanda tangani Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Mulyatno, S.H., M.M., yang diwakili oleh Wakapolda Brigjen Pol. Johnny Eddizon Isir.

“Kerja sama ini merupakan perpanjangan dari MoU yang pernah ditandatangani pada 2015 yang juga ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri yang sudah berakhir 2020,” kata Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA.

Unsrat, sendiri menyambut baik kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak, termasuk juga dengan Polri, khususnya Polda Sulut.

Dalam implementasinya telah dilaksanakan berbagai kegiatan dalam lingkup pendidikan, kuliah umum, pelatihan Satpam, pengamanan dan vaksinasi massal.

“MoU ini dilanjutkan dengan berbagai perjanjian kerja sama dan kegiatan yang diimplementasi dengan intensitas yang cukup aktif,” jelasnya.

Selanjutnya, Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Drs. Wahyu Widada, M.Phil., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Anjak Utama Bidang Jianstra SSDM Polri, menerangkan, MoU ini sejalan dengan salah satu rencana aksi dari Program Prioritas Kapolri yaitu meningkatkan kerjasama di dalam dan luar negeri pada pendidikan dan pelatihan anggota Polri.

“Kerja sama antara Polri dan Unsrat ini diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi antara Polri dengan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi tantangan tugas saat ini dan di masa mendatang,” ujar Brigjen Pol Sri Eko Pranggono.

BTN Berikan Bantuan CSR Untuk Unsrat

unsratJumat 12 November 2021,
Bank Tabungan Negara (BTN) menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).

“Bank Tabungan Negara mempunyai kepedulian sosial dalam rangka untuk mempererat hubungan kelembagaan maupun hubungan dengan nasabah khususnya yang ada di kantor cabang Manado,” ujar Regional Office Head BTN, Teguh Wahyudi.

Bantuan CSR diharapkan bisa meringankan beban hidup dari para warga yang memang terdampak COVID – 19.

Sementara itu Rektor Universitas Sam Ratulangi  (Unsrat ) Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA dalam sambutannya mengatakan, penyerahan CSR ini dikaitkan dengan acara Natal Universitas Sam Ratulangi tahun 2021 yang akan disalurkan sebagai bantuan/diakonia kepada mereka yang terdampak COVID – 19.”  kata Kumaat.

Karena Natal saat ini di tengah pandemik, Unsrat tidak membuat acara besar-besaran, akan tetapi lebih cenderung melakukan kegiatan ke arah sosial seperti memberikan bantuan kepada yang terdampak pandemi Covid – 19, katanya.

Lebih lanjut Kumaat mengatakan bahwa bantuan CSR akan diberikan kepada mahasiswa yang ada di rusunawa, sopir, honorer, satuan pengaman dan petugas kebersihan.

Rektor berharap di tahun depan selain ada kontrak baru, dana bantuan CSR juga bisa dilanjutkan untuk kepentingan banyak warga.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.