Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

COVID-19 Varian Omicron Sudah Masuk Manado? Ini Penjelasan Gugus Tugas

×

COVID-19 Varian Omicron Sudah Masuk Manado? Ini Penjelasan Gugus Tugas

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Juru bicara Gugus Tugas COVID-19 Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dr Steven Dandel menjelaskan bahwa tiga orang asal Tiongkok yang masuk lewat Bandara internasional Sam Ratulangi terdeteksi Positif COVID-19 masuk kategori kasus probable Omicron.

Menurut Dandel hal ini mengacu pada hasil jumpa pers dengan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin yang melaporkan ada lima kasus probable COVID-19 varian Omicron masuk di Indonesia.

Lanjut Dandel, kasus di Manado ini masih melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kasus COVID-19 tersebut positif Omicron.

Seperti diketahui kementerian kesehatan juga mendeteksi lima kasus yang sudah terkonfirmasi positif dan dinyatakan probable
Omicron.

Dua kasus adalah warga negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat dan Inggris sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet

Tiga kasus probable lainnya adalah warga negara asing dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang diisolasi di karantina Manado.

“Minggu terakhir kita mendeteksi ada 6 pelaku perjalanan internasional yang positif COVID-19 yang kemudian dilaksanakan pemeriksaan lanjutan lagi, sekali lagi dengan menggunakan Reagen khusus yang didatangkan oleh Kementerian Kesehatan Regan ini kemudian bisa mendeteksi Gen S yang ada di SARS‑CoV‑2 yang bisa mengindikasikan bahwa sampel dari orang yang positif tersebut probabilitasnya kepada Omicron cukup kuat,” jelas Dandel saat jumpa pers di Kantor Dinas Kesehatan Sulut, Kamis (16/12/2021).

Lanjut Dandel dari enam orang positif COVID-19 yang masuk Bandara Sam Ratulangi Manado ini, tiga diantaranya dinyatakan probable Omicron. (Rizath)