OD-SK Bawa Sulut Tangguh di Tengah Pandemi

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Sejak ditetapkan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO) pada 11 Maret 2020, Covid-19 telah menyebabkan dampak negatif yang sangat besar. Dari sisi kesehatan, dampak Covid-19 terlihat dari jumlah kasus yang sangat besar termasuk jumlah kematian di seluruh dunia.

Dari sisi ekonomi, dampak Covid-19 terlihat dari penurunan laju pertumbuhan perekonomian global. Covid-19 tidak hanya berdampak negatif pada penurunan pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang dan miskin, melainkan juga memukul perekonomian negara maju termasuk Indonesia. Sebagian negara maju bahkan terperangkap dalam resesi ekonomi yang cukup dalam

Di Indonesia sendiri hanya sedikit daerah yang mampu bertahan dari ganasnya Pandemi global ini salah satunya adalah Sulawesi Utara (Sulut)

Kepemimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) dinilai menjadi kunci bertahannya Sulut dari Pandemi global itu.

Tokoh Minahasa Selatan Bu Hengky Rumengan menyampaikan disela-sela diskusi Rapat Pejuang Minahasa dalam pembahasan penerbitan buku Sejarah Minahasa Selatan baru-baru ini.

Lanjut Bu Hengky kepemimpinan OD-SK adalah pemimpin otentik pejuang rakyat untuk mendapatkan kesejahteraan.

“Hal ini terlihat ketika mengimplementasi program yang mampu mendarat sampai di desa pada umumnya khususnya petani dan nelayan , konsep sederhana Marijo Bakobong, jaga ketahanan pangan, sampai menjaga kestabilan harga pertanian, perkebunan dan perikanan bahkan daya beli petani semakin meningkat, ini luar biasa,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh tokoh pendiri Minahasa Selatan Bapak Ventje Pinontoan,

OD-SK dalam kebijakan selalu mengutamakan masyarakat untuk hidup rukun damai dan nyaman

“Ini terlihat sekalipun dalam proses demokrasi dengan Tingkat kerawanan tertinggi OD-SK mampu menciptakan situasi yang kondusif, keteladanan dalam menjaga integritas dalam berpasangan menjadi kekuatan yang kokoh dan bahkan ini adalah kepemimpinan teladan yang bersejarah bagi Sulawesi Utara, semoga ini dapat dicontoh oleh bupati dan wakil bupati bersama wali kota/wakil wali kota,” ujar Ventje Pinontoan.

Hal lain disampaikan Alumni Harvard Bussines School & Affiliated dan Alumni Of MIT Sloan Of School Management Bung Toronata Tambun yang mengaku kagum dengan kepemimpinan OD-SK karena keduanya tidak pernah lelah dalam berinovasi, salah-satu yang diakui pemerintah pusat adalah menjadikan Likupang sebagai Kawasan Pariwisata Berkelas Dunia yang di dukung Ekosistem Tourism melalui KEK- Pariwisata, selanjutnya direct call dimana penerbangan Garuda menuju Narita Japan dengan membawa ikan tuna yang komoditas eksport dari Sulawesi Utara.

“Dan yang tidak kala menarik adalah menjadikan Pelabuhan Laut Bitung dan Bandara Sam Ratulangi menjadi Super Hub bagi Indonesia Bagian Timur sehingga turis dari Cina, Japang, Korea dan Asia Pacifik mudah masuk lewat Sulawesi Utara begitu juga arus perdagangan semakin terbuka dan hal ini OD-SK mampu meyakinkan Pemerintah Pusat sudah saatnya Pemerintah Pusat memperhatikan Sulawesi Utara karena letak Geografis dan Potensi Sulawesi Utara sebagai Propinsi yang mampu membawa daya saing bagi Indonesia untuk menjadi negara maju,” jelasnya.

Hal ini sepadan dengan upaya yang dilakukan oleh OD-SK dengan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) Sulawesi Utara melalui pendidikan begitu tranformasi digital dilakukan secara masif baik dalam layanan pemerintahan, pembangunan maupun sosial kemasyarakatan, begitu juga dengan adaptasi berbagai perubahan dalam masyarakat, OD-SK mampu memberi keseimbangan, jelas Tambun.

Hal yang sama dalam memberdayakan masyarakat, kata Tambun pemerintahan OD-SK sangat aspiratif dan mau mendengar tuntutan masyarakat dan bahkan jeritan masyarakat dalam menghadapi ancaman Covid-19, kedekatan dengan tokoh agama, tokoh masyarkat dan bahkan koordinasi bersama Forkompinda sangat terasa untuk menciptakan suasana yang selaras dan harmoni.

“Semoga Sulut terus maju dan tambah hebat di tahun kedua atau tahun ketujuh diperiode yang kedua OD-SK dalam memimpin Sulawesi Utara,” harap Tambun. (*/Rizath)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.