Kans ke Senayan, Pengamat Politik Ferry Liando : 4 Faktor Untungkan WL di Pemilu 2024

sulutmandoterkini.com, SULUT – Figur Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut tidak diragukan lagi jika bertarung di Pemilu 2024 untuk merebut kursi ke DPR RI.

Politis PDI Perjuangan yang saat ini masuk struktur di DPD PDI-P Sulut, namanya terus bergema dalam bursa Pilcaleg anggota DPR RI Dapil Sulawesi Utara (Sulut) pada pemilu 2024 mendatang.

Memiliki segudang pengalaman dalam berpolitik Lumentut perna menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi dan saat ini menjadi Wakil Wali Kota Tomohon.

Wenny Lumentut tak hanya mendapat dukungan dari masyarakat bawah hingga pejabat elite partai berlambang moncong putih tingkat provinsi, namun ia pun mendapat dukungan juga dari sejumlah eliet partai politik lainnya.

Menurut pengamat Politik Sulut Ferry Liando, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keterpilihan seseorang pada pemilihan calon DPR RI.

Pertama memililiki tingkat popularitas sosial yang baik, Kedua memiliki jejaring sosial yang luas, Ketiga memiliki modal pembiayaan yang kuat untuk membiayai tim sukses atau tim ppemenangan Keempat diusung oleh parpol yang besar dan kuat. Jika seseorang calon melekat 4 faktor itu maka akan mudah baginya untuk terpilih.

“Ada 4 faktor yang memiliki pengaruh kepada seorang pada pemilihan calon DPR RI, dan itu melekat kepada pak Wenny Lumentut,” kata Liando.

Dikatakannya, Wenny Lumentut merupakan pejabat Publik yaitu sebagai Wakil Wali Kota Tomohon. Itu tentunya tidak hanya dikenal luas oleh publik di kota tomohon tetapi juga di kenal luas di masyarakat Sulut.

“Apalagi pak Wenny pernah menjadi anggota DPRD Sulut. Pemberitaan media karena kedudukanya sebagai pejabat publik tentu mendongkrak popularutasnya,” tutur Liando.

Wakil Sekjen I Pengurus Pusat Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) ini menambahkan, figur WL adalah salah tokoh penting bagi umat yang beragama katolik. Ia dikenal luas di kalangannya dan dinilai sangat dekat dengan tokoh-tokoh umat katolik lainnya.

“Kedekatan ini tentu akan mempengaruhi secara emosional. Apalagi umat katolik di kenal sangat kompak, solid dan terorganisir rapi. Jika ada elit yang mampu membangun hubungan, maka sangat diuntungkan,” papar Akademisi tersebut.

Terkait finansial, dikatalan Ferry Liando sebagai pengusaha WL tentu memiliki finansial yang kuat, tidak sulit membiayainya.

“Pak WL seorang pengusaha jadi memiliki finansial yang kuat, untuk maju di DPR RI,”jelasnya.

Ditambah lagi WL mempuyai faktor dukungan Partai Politik jika yang akan mengusung adalah PDI-P sebagaimana informasi yang berkembang maka akan makin menyempurnakan peluangnya.

“Sebab PDI-P adalah salah satu parpol yang paling siap untuk menghadapi pemilu 2024. PDIP dari sisi kelembagaan sangat kuat. Tidak ada riak-riak konflik internal dan strukturnya tertata rapi dari pengurus daerah hingga pengurus desa,”jelas Liando.

Hanya saja dikatakan Liando, satu-satunya yang bisa berpotensi melemahkan WL jika dalam daftar calon baik di PDI-P maupun di parpol lain terdapat tokoh katolik yang menjadi calon DPR-RI maka suaranya bisa terbagi.

“Jadi berpotensi melemahnya suara WL jika ada dalam daftar calon terdapat toko Khatolik lain masuk di bursa Pilcaleg maka suaranya bisa terbagi,” pungkas Dosen Unsrat ini.(sk)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.