Kamis, 17 Oktober 2019

Liputan Khusus Penyerahan Bantuan Program Peningkatan Kesejahteraan

Warga Kurang Mampu di Manado Nikmati Bantuan PSKS

GSVL Berharap Tepat Sasaran

Penyerahan bantuan WARGA kurang mampu di Kota Manado, penerima Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) nikmati bantuan yang disalurkan lewat Kantor Pos. Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, yang menyerahkan secara simbolis, Rabu (01/04) kemari, berharap bantuan ini tepat sasaran dan dapat digunakan dengan baik dalam rangka membantu kehidupan keluarga.

“Saya hanya mau berpesan, kiranya bantuan uang tunai ini bisa di gunakan dengan sebaik-baiknya oleh warga penerima. Jangan hanya di habiskan untuk kebutuhan konsumtif, apalagi hanya untuk berfoya-foya karena program bantuan seperti ini tidak datang setiap hari. Gunakan bantuan ini untuk membangun kehidupan yang lebih baik,” ungkap Lumentut.

Tak ayal kepedulian orang nomor satu di Kota Manado, terus diwujudkan dengan memperhatikan warga kurang mampu lewat program-program pro rakyat melalui SKPD terkait, seperti Dinas Sosial.

Walikota juga meminta kepada warga penerima bantuan untuk memulaikan cara berpikir mengutamakan kerja keras, pengendalian diri, hemat dan mulailah gemar menabung, sehingga benar-benar bisa mandiri tidak bergantung pada orang lain.

“Mulailah berpikir untuk bekerja keras, pengendalian diri, hemat dan gemar menabung. Berusahalah mandiri tidak bergantung pada orang lain, nikmatilah hidup dari hasil dengan kesungguhan kerja karena memberi itu lebih baik daripada menerima,” ujarnya.

Kecerdasan dan kepedulian warga Manado dibuktikan dengan kehidupan yang saling membantu dan saling menyayangi.(ald)

Pemkot Manado Salurkan Bantuan PKH, GSVL : Gunakanlah Untuk Kepentingan Keluarga

Dinsos ManadoRATUSAN Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), Rabu (15/4) penerima Program Keluarga Harapan (PKH), mulai disalurkan. Penyerahan bantuan PKH kepada masyarakat Kota Manado khususnya di Kecamatan Mapanget, dilakukan di Kantor Pos Mapanget, diserahkan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Manado Frans Mawitjere SH, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Manado Purgiyanto, dan Camat Mapanget Rivo Koloaij.

Walikota berharap bantuan yang diberikan pemerintah hendaknya dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan kesejahteraan keluarga. “Jangan dipakai untuk foya-foya, atau digunakan untuk sesuatu yang tidak berguna. Gunakanlah dana bantuan ini dengan baik untuk kepentingan keluarga,”pesan Walikota.

Dinasos Manado

Sekadar diketahui, PKH merupakan program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada RTSM. Bagi anggota keluarga Rumah Tangga Sasaran (RTS) diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM, dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya mempercepat pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs) atau Tujuan Pembangunan Millenium. Lima komponen tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yakni pengurangan penduduk miskin dan kelaparan, pendidikan dasar, kesetaraan gender, pengurangan angka kematian bayi dan balita, serta pengurangan kematian ibu melahirkan.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*