Selasa, 17 Oktober 2017

LAPAN Serahkan Data Pengindaan Jauh Kota Manado

manadoterkini.com, JAKARTA – Untuk memenuhi kebutuhan data satelit penginderaan jauh di Indonesia dan di daerah khususnya, Rabu (27/01/2016) Roy Roring dalam kapasitasnya sebagai Penjabat Walikota Manado dan Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, bersama-sama dengan Kepala Bappeda Manado, Peter Assa, dan Kepala Bidang Fispra Bappeda Manado, Rainer Pangemanan, menghadiri dan menerima langsung penyerahan Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi Provinsi Sulawesi Utara dan Kota Manado dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Kegiatan penyerahan data yang dilaksanakan di ruang Serbaguna LAPAN Pekayonan, Jakarta dibuka oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Dr. Orbita Roswintiari, MSc. yang diawali dengan pemutaran video Profil Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) dan Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja).

Data-data Inderaja yang diterima oleh Kota Manado dari Pustekdata LAPAN yaitu Data satelit Pleiades 2013, 2014 berjumlah 5 data, Data satelit World View tahun 2015 berjumlah 1 data, Data satelit SPOT-7 tahun 2015 berjumlah 1 data, Data satelit SPOT-6 tahun 2015 berjumlah 2 data, dan Data satelit Landsat-8 tahun 2015 berjumlah 2 data.

Dalam kegiatan ini juga LAPAN menyampaikan berencana untuk membangun kerjasama dengan 6 provinsi termasuk dengan Sulawesi Utara dan juga akan memberikan pelatihan pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh bagi pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.(tim/bappeda)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*