Jum'at, 15 November 2019

Tingkatkan Pertahanan dan Keamanan, Pemkab Segera Lakukan Penerapan Persandian di Minsel

manado

Tusrianto Rumengan SSTP

MTerkini.com, AMURANG – Guna untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE segera menerapkan persandian di wilayah Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Ini dibuktikan dengan segera dibukanya Organisasi Persandian Daerah (OPD) dibawah naungan Pemkab Minsel, sesuai dengan UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Bupati melalui Kabag Ortal Tusrianto Rumengan SSTP mengatakan, teknologi informasi dan komunikasi menjadi aset berharga baik bagi individu maupun kelompok, walaupun tidak semua informasi, baik berupa berita maupun suara boleh diakses dan dikonsumsi masyarakat umum.

“Untuk itu salah satu bentuk penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan pengamanan persandian, dimana persandian merupakan salah satu metode dalam kegiatan pengamanan informasi rahasia,” ungkap Rumengan.

Lebih lanjut Dia mengatakan, penyelenggaraan persadian yang dilakukan baik di pusat maupun di daerah adalah upaya untuk menanggulangi kerawanan terhadap data dan informasi yang masih belum optimal.

“Ini juga dimaksudkan agar terlaksananya sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efesien , terukur dan sesuai dengan prinsip-prinsip Pemerintahaan yang baik,” ungkapnya lagi.

Dia menambahkan, Pemkab Minsel sendiri telah memiliki tenaga Persandian, atas nama Bobby Momongan yang saat ini menjabat Lurah Ranomea, Kecamatan Amurang Timur. Bobby sendiri telah mengikuti pendidikan selama 9 bulan lamanya mengenai persandian.

“Nantinya mereka yang akan lakukan pengurusan OPD di Minsel,” jelasnya, sembari mengharapkan, dengan dibentuknya OPD di Minsel, kiranya dapat menghasilkan pelayanan yang prima sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat, dan birokrasi dengan integritas dan kinerja yang tinggi,” tutupnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*