Selasa, 12 November 2019

Rp 48,8 M Dandes Tahap Pertama Mitra Masuk Kas Daerah

MTerkini.com, RATAHAN-Dana desa (Dandes) untuk 135 Desa di Minahasa Tenggara (Mitra) sudah masuk masuk ke Kas Daerah.

Dandes Tahap pertama ini berjumlah Rp 48,8 Miliar.
“Ya, Dandes untuk tahap pertama sudah ada di kas daerah, besaran yang ditransfer dari pemerintah pusat yaitu 60 persen dari total dana desa tahun 2016,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Mecky Tumimomor.

Dia menjelaskan, jika awalnya transfer Dandes dilakukan dalam tiga tahap, namun tahun ini transfer dana desa ke daerah saat ini dilakukan dalam dua tahap yakni April dan Agustus.

“Nanti sisanya yakni 40 persen akan ditransfer oleh Pemerintah pusat pada bulan agustus, apalagi dalam setahun ini hanya dua tahap,” kata Tumimomor.

Untuk syarat pencairan Dandes menurut Tumimomor, pihaknya menunggu kelengkapan yakni Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang telah dievaluasi.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Piether Owu menuturkan saat ini pihaknya masih menunggu APBDes.

“Memang sudah masuk, tapi kita menunggu lagi rancangan APBDes dari desa, nanti selanjutnya kita lakukan evaluasi dulu baru bisa direkomendasikan untuk pencairan tahap pertama bagi desa yang sudah memenuhi persyaratan,” katanya.

Plt Asisten 2 Setdakab Mitra ini meminta, pemerintah kecamatan agar memintakan kepada perangkat desa untuk segera menyelesaikan rancangan APBDes.

“Sekarang kita minta ke pemerintah kecamatan agar mendorong pemerintah desa menyelesaikan rancangan APBDes untuk segera dievaluasi. Sehingga pelaksanan kegiatan pembangunan bisa segera dilaksanakan,” tandasnya.(dav/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*