Jum'at, 15 November 2019

Terbaik se- Sulut, Bupati Minsel Terima Penghargaan APN RKPD Provinsi Tahun 2015

minselMTerkini.com, MANADO – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menerima penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) Sulawesi Utara Tahun 2016 terkait Dokumen perencanaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2015 dari Pemerintah Pusat.

minselPenghargaan tersebut diterima oleh Bupati Minsel Christiany Eugenia Parunty SE pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Provinsi Sulut Tahun 2017 di Hotel Sutanraja Kalawat Minahasa Utara (Minut).

minselPenghargaan ini diberikan kepada Bupati Minsel, karena Minsel merupakan Kabupaten/Kota yang memiliki Dokumen Perencanaan RKPD terbaik tahun 2015. Dan penghargaam ini diserahkan langsung oleh Menkopolhukam Luhut B Panjaitan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Sulut Tahun 2017 di Hotel Sutanraja Kalawat Minahasa Utara (Minut) pada Selasa (19/4) siang tadi.

minselPenilaian dokumen RKPD di dasarkan pada Undang-undang No.25 Tahun 2014 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, di mana perencanaan pembangunan meliputi rangkaian proses kegiatan dalam menentukan tindakan masa depan yang tepat melalui serangkaian pilihan yang ditujukan untuk mencapai tujuan pembangunan. Perencanaan yang baik menjadi salah satu penentu keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional.

minsel“Sejalan dengan otonomi daerah, langkah untuk meningkatkan mutu rencana pembangunan daerah adalah memberikan penghargaan kepada daerah yang telah berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan secara baik. Penghargaan ini dapat memberikan dorongan semangat bagi masing-masing daerah untuk meningkatkan mutu dokumen rencana pembangunan,” ujar Panjaitan usai memberikan penghargaan kepada sejumlah bupati dan walikota di Sulut.

Lanjut Dia, Dokumen Perencanaan RKPD Kabupaten Minsel tahun 2015 dinyatakan terbaik, salah satunya karena kelengkapan dan kedalaman RKPD Kabupaten Minsel disusun berdasarkan kelengkapan dan kedalaman perecanaan, karena menyajikan kerangka ekonomi daerah, kerangka kebijakan keuangan daerah, analisa, arah kebijakan dan prioritas pengembangan wilayah, strategi dan arah kebijakan percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

minselDia menjelaskan bahwa, tahapan penilaian RKPD Kabupaten/Kota Tahun 2015 di mana terdapat tiga tahap penilaian, yaitu pertama Penilaian RKPD Kabupaten/Kota oleh Tim Penilai Provinsi yang terdiri dari Tim Penilai Utama, Tim Penilai Teknis, dan Tim Penilai Independen dengan bobot 30 persen. Pada tahap ini akan diambil 6 besar kabupaten/kota, kedua Wawancara/verifikasi oleh Tim Penilai Provinsi dengan bobot 40 persen. Pada tahap ini akan dieliminasi 3 kabupaten/kota, dan ketiga Presentasi dan Wawancara oleh Tim Penilai Pusat dengan bobot 30 persen. Tiga kabupaten/kota terbaik akan diberikan penghargaan/trofi ketika Musrenbang dilaksanakan. Namun akan hanya ada satu kabupaten/kota terbaik yang akan mewakili Sulut untuk bersaing di tingkat nasional.

minsel“Dan tiap tahapan memiliki kriteria penilaian. Untuk tahap satu, terdapat aspek keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan pendalaman, serta keterukuran. Tahap kedua di antaranya proses perencanaan dari bawah (bottom-up), proses perencanaan dari atas (up-bottom), proses perencanaan teknokratik, dan proses perencanaan politik. Sedangkan tahap ketiga, selain aspek yang tadi disebutkan, tahap ini mengedepankan aspek presentasi dan wawancara,” tandasnya.

minselSementara itu, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE usai menerima penghargaan tersebut mengaku bangga dan bersyukur karena Minsel sebagai Kabupaten/Kota terbaik di Sulawesi Utara (Sulut) yang meraih penghargaan pangripta nusantara atas dokumen RKPD terbaik di tingkat Provinsi Sulut tahun 2015.

Melalui prestasi ini, diharapkan seluruh kasubag perencanaan dapat bekerja lebih baik lagi sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya, kata bupati.

minsel“Ini juga motivasi seluruh SKPD agar dapat mengakselerasi dengan cepat segala program yang menjadi skala prioritas dengan memperhatikan rencana pembangunan tingkat nasional dan daerah,” tukasnya.

minselHadiri dalam acara tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo SH, Gubernur Sulut Olly Dodonkambey SE, Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut, Wakil Bupati Minsel Frangky Donny Wongkar SH, Sekprov Sulut, Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, Plt Asisten II Pemkab Minsel Ir Joutje Tuerah ST MM, Kepala Bappeda Minsel DR Meydi Maindoka dan Kabag Humas Pemkab Minsel Frangky Mamangkey SIP serta seluruh Bupati/Walikota yang ada di Sulawesi Utara.(dav/advetorial)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*