Sabtu, 21 September 2019

Angka Kemiskinan Meningkat, DPRD Minsel Curiga Bantuan Tidak Tepat Sasaran

manadoterkini.com, AMURANG-Meningkatnya angka kemiskinan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mendapat sorotan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minsel.

Mereka para anggota DPRD Minsel ini mendesak agar pemerintah harus mampu mengendalikan laju pertambahan penduduk miskin.

“Jangan hanya diam, itu harus ada langkah strategis dari pemerintah, agar pertambahan penduduk miskin tidak lagi terjadi,” ujar Wakil Ketua DPRD Minsel Rommy Pondaag SH MH.

Dia berpendapat, seharusnya bantuan pemerintah pusat yang banyak mengalir di Minsel, sudah mampu menekan angka kemiskinan. Jika angka kemiskinan masih terus terjadi, dia menduga ada yang tidak beres.

“Mengapa angka kemiskinan terus meningkat, Saya curiga bantuan untuk warga miskin yang diberikan pemerintah pusat tidak tepat sasaran. Kalau bantuan itu tepat sasaran, tidak mungkin terjadi peningkatan angka kemiskinan,” ujarnya.

Menurut Pondaag, jika ingin angka kemiskinan menurun, pemerintah harus membenahi kekurangan yang mungkin terjadi di tahun-tahun sebelumnya.
“Lakukan pembenahan dengan mengawasi bantuan untuk warga kurang mampu. Jangan sampai, bantuan pemerintah tidak sampai kepada warga kurang mampu, namun hanya diberikan kepada warga yang sudah mapan. Itu harus segera diakhiri,” tukasnya.

Selain itu, Pondaag meminta pemerintah untuk memperhatikan kebutuhan nelayan yang tinggal di pesisir, juga petani yang tinggal di pelosok.

“Harus ada verifikasi yang ketat agar bantuan bisa sampai ke tangan yang berhak, yaitu para petani di pelosok dan nelayan di pesisir. Agar, bantuan benar-benar sampai ke tangan yang benar-benar layak untuk mendapatkan bantuan,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*