Sabtu, 7 Desember 2019

Dinkes Minsel Diminta Periksa Kembali Depot Air Minum

 

manadoterkini.com, AMURANG-Kebersihan air isi ulang di depot isi ulang yang tersebar di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diminta agar diperiksa secara ketat dan rutin. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan keselamatan warga yang mengkonsumsinya.

“Dinas Kesehatan harus pro aktif turun lapangan melakukan pemeriksaan rutin. Apakah layak dikonsumsi atau tidak,” ungkap Ezra Ngion tokoh muda Minsel.

Lanjut Dia, jumlah depot air isi ulang makin hari makin bertambah sehingga perlu ada pengawasan secara rutin untuk menguji kualitas air isi ulang.

“Ini penting untuk kesehatan kita semua oleh karena itu harus ada jaminan atas usaha tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel dr Ternie Paruntu, mengaku kalau pihaknya terus turun lapangan untuk pemeriksaan rutin.

“Sterilisasi dan kelayakan secara fisik depotnya menjadi salah satu poin pemeriksaan kami, disamping secara teknis seperti tingkat PHnya,” jelasnya.

Dikatakannya pula air yang layak diminum adalah tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna.
“Itu yang harus diingat,” ujarnya.

Disisi lain Dia mengakui kalau pihaknya belum memiliki fasilitas laboratorium untuk menguji kelayakan air minum, sampelnnya harus dikirim ke Balai Teknis Kesatuan Lingkungan Manado.

Dan selama ini belum ada keluhan masyarakat terkait depot air isi ulang.

“Kalau ada laporan tentu akan kita tindaklanjuti, paling tidak jika terbukti melanggar aturan ijin operasionalnya akan kita cabut, namun hingga sekarang tidak ada dan kami juga berharap tidak ada laporan,” tandasnya.(dav)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*